Cek Penyaluran Bantuan, BPKP Kunjungi Polresta Jayapura

Suasana pengamatan penyaluran BTPKLW di lapangan apel Mapolresta, Rabu (10/10) kemarin (Elfira/Cepos)

JAYAPURA  Tim dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI Perwakilan Provinsi Papua mengunjungi Polresta Jayapura Kota, Rabu (10/11). Kunjungan BPKP RI tersebut dalam rangka review pelaksanaan bantuan tunai pedagang kaki lima dan warung (BTPKLW).

Wakapolresta Jayapura Kota AKBP Supraptono mengatakan, Polresta Jayapura Kota ditunjuk sebagai salah satu institusi yang menyalurkan BTPKLW kepada masyarakat di jajaran Polda Papua. Sehingga itu, dengan kedatangan tim. Perlu adanya supervisi, dimana Polresta sendiri hadirkan Bhabinkamtibmas selaku pendata masyarakat pedagang yang menerima bantuan. “Penyaluran ini dikawal ketat, sehingga tidak ada hal hal yang tidak diinginkan,” kata Wakapolresta.

Sementara itu, Korwas IPP-PW BPKP Provinsi Papua Roni Medison menyampaikan, pengawasan BTPKLW sedang dilakukan oleh seluruh BPKP di 28 Polda. “Untuk Polda Papua sendiri ada tiga lokasi penyaluran BTPKLW yakni Polresta Jayapura Kota, Mimika dan Merauke, termasuk rekan TNI di daerah yang sama melalui kodim setempat,” ucapnya.

Lanjutnya, terkait pengawasan yang dilakukan, pihaknya hanya lakukan uji petik terhadap 20 pedagang kaki lima yang menerima bantuan melalui wawancara atau interview. Dalam uji petik yang dilakukan ada 4 tepat yang menjadi sasaran yaitu Ketepatan sasaran, Ketepatan jumlah dan tanpa potongan, Ketepatan waktu kemudian Ketepatan Administrasi sebagai dasar pembuktian bahwa telah berjalan lancar dan akuntabel.

Sebagaimana, BTPKLW melalui Polresta capai target 100%. Sebanyak 3.500 pedagang telah menerima bantuan tunai sebesar Rp 1,2 juta rupiah perorangnya, dimana dana tersebut bersumber dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang dipercayakan melalui instansi Kepolisian. (fia/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *