Xavi Diperkenalkan Latih Barcelona, Tugas Berat Menanti

Xavi Hernandez (AFP)

BARCELONA – Agenda internasional selama dua pekan ke depan sangat krusial bagi entrenador baru Barcelona, Xavi Hernandez yang baru saja resmi diperkenalkan.

Pelatih yang baru saja memutus kontraknya dengan klub Qatar Al Sadd SC tersebut beruntung karena memiliki waktu untuk mempersiapkan skuad Barca.

PR (pekerjaan rumah) Xavi Hernandez lumayan berat. Mengingat, pelatih interim Sergi Barjuan yang menggantikan Ronald Koeman hanya mampu mempersembahkan sekali kemenangan dalam tiga laga.

Bahkan, laga terakhir Sergi melawan Celta Vigo di Estadio Balaidos kemarin (7/11) terbilang menyakitkan bagi fans Barcelona.

Betapa tidak, Barca yang sudah memimpin 3-0 di babak pertama dipaksa bermain seri 3-3. Gol yang membuat Barca gagal meraih tiga poin dicetak striker Iago Aspas pada menit keenam injury time.

Tanpa harus dijelaskan secara detail, handicap Barca memang terletak pada mental tanding yang buruk.

Bukan hanya situasi unggul, lalu bisa disamakan, Barca musim ini juga sering gagal menyamakan kedudukan ketika tertinggal. Ada sebelas laga ketika Barca tertinggal dan hanya sekali mampu membalikkannya menjadi kemenangan.

”Tim ini sering kehilangan kepercayaan diri dan butuh sosok untuk berkeluh kesah dan berkomunikasi tentang cara meraih hasil bagus,” ungkap striker Barca Memphis Depay seperti yang dilansir di laman resmi klub.

”Aku memang tidak mengenal Xavi Hernandez secara personal. Tapi, aku yakin dia akan menjadi figur yang tepat untuk mengembalikan kepercayaan diri tim ini lagi,” lanjut striker timnas Belanda tersebut.

Sementara itu, Sergi mengungkapkan bahwa handicap lain Barca musim ini adalah beberapa pemain silih berganti cedera.

”Ketika Anda melakukan tiga pergantian yang semuanya disebabkan cedera, stabilitas permainan akan terpengaruh,” papar Sergi kepada Mundo Deportivo.

Pernyataan pelatih yang kini kembali menangani Barca B itu memang bukan untuk mencari kambing hitam. Kenyataannya, daftar absen Barca semakin bertambah setelah laga di Balaidos.

Wide attacker Ansu Fati mengalami cedera hamstring, bek tengah Eric Garcia cedera betis, dan gelandang Nico Gonzalez bermasalah dengan paha. Mereka melengkapi sembilan pemain yang sebelumnya memenuhi ruang perawatan.

Di antaranya, striker Sergio Aguero (jantung), striker Martin Braithwaite (lutut), wide attacker Ousmane Dembele (hamstring), bek kanan/gelandang Sergi Roberto (otot), bek Gerard Pique (otot), bek kanan Sergino Dest (punggung), bek kanan Moussa Wague (lutut), dan kiper Neto (flu).

Situasi yang membuat Xavi Hernandez perlu menyusun taktik darurat seandainya daftar absen Barca belum berkurang selepas agenda internasional.

Laga pertama Xavi Hernandez adalah derbi Barcelono melawan RCD Espanyol di jornada ke-14 La Liga (21/11).

”Aku tahu aku kembali (ke Barca, Red) pada saat sulit. Tapi, aku akan melaluinya dengan antusiasme tinggi. Kepercayaan tinggi dari semua elemen tim ini sangat berarti bagiku,” tutur Xavi Hernandez setelah tiba di Barcelona setelah meninggalkan Qatar kemarin seperti yang dilansir Diario AS. (jpg/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *