Pemkab Yalimo Bersihkan Sampah Sepanjang Jalan Utama Kota Elelim

Kegiatan pembersihan sampah tersebut dilaksanakan secara gotong royong selama dua hari sejak Senin (8/11) hingga Selasa (9/11). (Humas for Cepos)

ELELIM-Dalam rangka persiapan menyambut Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Pemerintah Kabupaten Yalimo bersama tim gabungan TNI, Polri dan ASN menggelar aksi pembersihan ruas jalan utama di Elelim ibukota Kabupaten Yalimo. Tumpukan sampah yang berserakan hingga meluber memenuhi badan jalan pada beberapa titik lokasi jalan protokol di Elelim berhasil dibersihkan.

   Kegiatan pembersihan sampah tersebut dilaksanakan secara gotong royong selama dua hari sejak Senin (8/11) hingga Selasa (9/11). Selain pembersihan ruas jalan utama dan drainase, juga dilakukan pembersihan lingkungan kantor instansi pemerintah, tempat-tempat ibadah, sekolah, rumah sakit dan lingkungan tempat tinggal warga.

   Penjabat Bupati Yalimo Dr. Ribka Haluk, S.Sos, MM mengatakan penyelenggaraan aksi bersih-bersih sampah tersebut bertujuan untuk melakukan penataan kebersihan ruas jalan kota Elelim dari tumpukan sampah yang berserakan menutupi badan jalan dan menyumbat saluran drainase. Tumpukan sampah tersebut selama ini meresahkan warga masyarakat karena menyebarkan aroma bau busuk yang dapat berakibat mengganggu kesehatan

warga yang tercemar oleh berbagai kuman penyakit.

   Di sela-sela kegiatan bersih-bersih sampah tersebut, Ribka Haluk berpesan kepada Pimpinan Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup selaku instansi teknis terkait agar dapat menempatkan gerobak penampungan sampah sementara pada tempat yang strategis dan tidak menempatkan gerobak sampah pada badan jalan. Pengangkutan sampah menuju tempat pembuangan akhir hendaknya dilakukan secara berkala dan berkesinambungan.

   Penjabat Bupati Yalimo Ribka Haluk menjelaskan Kabupaten Yalimo merupakan pintu gerbang akses jalan lintas Trans Papua dari Jayapura menuju wilayah Pegunungan Tengah Papua sehingga diharapkan kota Elelim dapat dijadikan tempat transit bagi pengguna jalan dengan memberikan sambutan dan pelayanan terbaik dari segi kebersihan, keindahan dan kenyamanan sehingga pengguna jalan merasa betah untuk singgah dan tentu akan membawa dampak

strategis bagi peningkatan perekonomian warga masyarakat Kabupaten Yalimo.

   Pasca terbukanya kembali akses jalan Trans Papua sejak Kamis (4/11) lalu, arus kendaraan tujuan Ibu Kota Provinsi Papua dari wilayah Pegunungan Tengah Papua dan sebaliknya meningkat signifikan. Seiring perkembangan tersebut Ribka Haluk berharap geliat pertumbuhan perekonomian masyarakat akan meningkat terutama dalam memasarkan komoditi hasil pertanian yang dapat didistribusikan ke Jayapura maupun ke Wamena dan sekitarnya. Lancarnya arus

transportasi barang juga dapat memudahkan warga masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok keluarga menjelang perayaan Natal dan Tahun baru, dengan harga yang terjangkau.

  Atas nama Pemerintah Kabupaten Yalimo, Ribka Haluk selaku Penjabat Bupati menyampaikan apresiasi kepada seluruh personel tim gabungan TNI, Polri, ASN dan masyarakat atas dukungan dan partisipasinya mewujudkan aksi bersih-bersih sampah di kota Elelim selama dua hari, sehingga dapat berjalan dengan tertib, lancar, aman dan terkendali. (Sionuroba/Siklen).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *