Kasus Pembakaran di Bandara Sudah Tahap Dua

Empat dari lima tersangka pembakaran rumah dan Ruko di kompleks Bandara Sentani saat hendak diserahkan ke jaksa, Selasa (9/11). (Robert Mboik Cepos)

*Empat dari Lima Tersangka Diserahkan ke Jaksa*

SENTANI-Penyidik Polres Jayapura akhirnya menyerahkan berkas perkara dari para tersangka kasus pembakaran dan penyerangan terhadap rumah warga dan rumah toko yang ada di kawasan Bandar Udara Sentani beberapa waktu lalu.

Dari kejadian tersebut, polisi mengamankan lima  orang tersangka.

“Ada lima tersangka yang kami amankan dan berkasnya sudah dinyatakan lengkap sehingga sudah masuk tahap dua sekarang,” kata Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus Maclarimboen, saat dikonfirmasi media ini, Selasa (9/11).

Dia menjelaskan, kelima tersangka yang terlibat dalam kasus ini yakni masing-masing berinisial YE, AE, LE, TH, MP. Sejauh ini YE sendiri sedang dalam masa penangguhan penahanan yang mana istrinya sendiri yang menjadi jaminannya. Penangguhan penahanan ini juga dilakukan atas kesepakatan dengan beberapa tokoh adat, termasuk pihak korban sendiri yang sebelumnya sempat dipertemukan untuk membicarakan terkait penyelesaian persoalan kasus ini.

“Memang dalam masa penangguhan ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.  Terkait dengan pertemuan mereka, kami juga dari Polri belum mengetahui hasilnya seperti apa.  Kami cuma normatif saja berkas ini kami proses,” jelas Maclarimboen.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Jayapura AKP Sigit Susanto mengatakan,  kelima tersangka ini disangkakan dengan pasal tindak pidana, penghasutan dan pembakaran sebagaimana dimaksud dalam rumusan Pasal 160 dan Pasal 187 KUHP dengan ancaman hukuman di atas 7 tahun penjara.

Sebagaimana diketahui kelima tersangka tersebut telah melakukan tindakan penyerangan dan pembakaran terhadap sejumlah rumah warga dan Ruko di komplek Bandar Udara Sentani beberapa waktu lalu. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *