Bunda PAUD Diminta Optimalkan Perannya

Asisten I Setda Kabupaten Biak Numfor Mahasunu, S.IP.,MM ketika membuka Sosialisasi dan Bimtek Penguatan Kapasitas Bunda PAUD, Rakernis OPD dan Organisasi Mitra PAUD, di Hotel Mapia, Selasa (09/11). (Fiktor/Cepos)

BIAK-Sebagai penggerak masyarakat, peranan bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat urgent dan sangat dibutuhkan dalam menggerakkan semua pihak, salah satunya melalui kepedulian dan pemberdayaan peran serta masyarakat dalam mendukung satuan PAUD untuk melakukan upaya penguatan pembelajaran.

   Demikian dikatakan oleh Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten I Setda Kabupaten Biak Numfor Mahasunu, S.IP.,MM ketika membuka Sosialisasi dan Bimtek Penguatan Kapasitas Bunda PAUD, Rakernis OPD dan Organisasi Mitra PAUD, di Hotel Mapia, Selasa (09/11).

   Bunda PAUD diminta agar dapat mengoptimalkan peranannya sebagai sosok panutan atau figur dan tokoh utama yang bekerja sebagai pendukung yang dapat menunjukkan kepedulian kepada pendidikan anak usia dini, diberbagai tingkatan.

  “Keberadaan dan peran bunda PAUD sangatlah penting untuk menggerakkan segenap komponen dan sumber daya yang ada di wilayahnya. Bunda PAUD diharapkan dapat membangun komunikasi dengan semua pemangku kepentingan di wilayahnya yang memiliki potensi untuk mengembangkan layanan PAUD,” imbuhnya.

  Keberadaan Bunda PAUD adalah predikat yang diberikan kepada istri kepala pemerintahan dan kepala daerah (presiden, gubernur, bupati/walikota, distrik, kepala desa/lurah) atau disandang langsung oleh kepala pemerintahan dan kepala daerah perempuan yang merupakan penggerak utama dalam pembinaan layanan pendidikan bagi anak usia dini (0-6 tahun) di wilayahnya guna mendukung terwujudnya layanan PAUD berkualitas.

   Sementara itu Bunda PAUD Kabupaten Biak Numfor Ny. Ruth Naomi Naap Rumkabu, S.Pd mengatakan, Bimtek penguatan kapasitas Bunda PAUD dan rakernis OPD sert organisasi mitra sangat penting dijadikan  sebagai sarana untuk meningkatkan dan  mengembangkan peran Bunda PAUD sebagai salah satu komponen pendukung pembangunan di Kabupaten Biak Numfor.

“Bunda-bunda PAUD diberbagai tingkatan telah berperan sebagai mitra strategis pemerintah,” ujar Ny. Ruth Naomi yang hadir dipembukaan secara virtual. (itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *