Tidak Ada Seleksi Calon Penerima Beasiswa

Yacobus Mamuyab, S.Pd (Sulo/Cepos)

MERAUKE-Di tengah Pandemi Covid-19   yang terjadi saat ini menjadi  salah satu alasan bagi pemerintah Kabupaten Merauke  di tahun 2021 tidak melakukan seleksi calon mahasiswa yang dibiayai lewat bea siswa.  ‘Untuk tahun 2021 ini, kita memang tidak melakukan seleksi  calon penerima beasiswa dengan sejumlah alasan,’’ kata Kabag Kesra Setda Kabupaten Merauke Yacobus Mamuyab, S.Pd, saat ditemui media ini, kemarin.

   Menurut dia, alasan pertama tidak melakukan seleksi tersebut karena masa transisi bupati dari Frederikus Gebze ke  Romanus Mbaraka. Kedua, bahwa di Merauke ada banyak perguran tinggi dengan  jurusan yang ada yang ada di luar Papua. ‘Kalau mengambil jurusan yang ada sama diluar Merauke lebih baik di Merauke saja. Kecuali  jurusan tertentu yang memang belum ada di  Unmus misalnya,” jelasnya.

  Ketiga, bahwa  saat ini  masih  masa pandemi. Apalagi, saat akan dilakukan seleksi, terjadi lonjakan kasus Covid di Merauke dan Indonesia pada umumnya, sehingga  Pemkab Merauke harus hati-hati dalam memberangkatkan calon penerima beasiswa  keluar Merauke tersebut.

   Namun  demikian, Yakobus  Mamuyab menjelaskan bahwa  karena porgram ini merupakan  program tetap dari Pemerintah Kabupaten Merauke sehingga untuk tahun mendatang seleksi calon penerima beasiswa dari lebih 30 SMA dan SMK di Merauke akan tetap dilakukan.

   Apalagi, lanjut dia, beasiswa bagi anak-anak asli Papua terutama anak-anak Marind  ini merupakan program  yang digagas pada masa pemerintah Romanus Mbaraka periode pertama lalu. “Karena ini merupakan salah satu program andalan pemerintah daerah dalam  rangka peningkatan SDM Papua khususnya Marind di  tanah ini,” pungkasnya. (ulo/tri)    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *