Asesmen Akhir, Bapas Gandeng Yayasan Kemala Bhayangkari dan BNN Provinsi

Mahrit Kaway (Ayu/cepos)

JAYAPURA – Balai Pemasyarakatan Jayapura melaksanakan asesmen akhir bimbingan kemandirian lanjutan di Kantor Bapas Jayapura Senin (8/11) kemarin.  Adapun kegiatan asesmen tersebut yakni kursus mengemudi dan tes urine bagi para klien.

Plh. Kepala Balai Pemasyarakatan (Kabapas)  Kasubsie kline anak kelas II, Mahrit Kaway S.H kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai penutup kegiatan tahun ini yaitu asesmen akhir untuk klien wajib lapor di Balai Pemasyarakatan setelah klien bebas dari Lapas.

Dijelaskan kegiatan yang diadakan Bapas pertahunnya mengalami perubahan, 2018 terdapat kegiatan kursus komputer, 2019 kursus mengemudi, 2020 kursus memasak makanan Khas Papua, kemudian di tahun 2021 ini dilaksanakan kursus mengemudi kembali. Sedangkan tes urine yang disediakan baru dilakukan sejak 2020.

Dalam kegiatan kali ini Bapas berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Papua, serta saat asesmen akhir pihaknya berkoordinasi dengan BNN Provinsi Papua. Tujuan pembinaan kali ini sebagai bekal klien agar ketika keluar Lapas akan mendapatkan pekerjaan. Untuk kursus mengemudi, Bapas Jayapura bekerjasama dengan Yayasan Kemala Bhayangkari.

Tomi Anggoro Putro admin Kursus mengemudi Kemala Bhayangkari menjelaskan materi kursus mengemud akan disampaikan bertahap, pertama dari  praktek dasar di Pasir 2 (belakang BLK) , setelah itu turun ke jalan seperti akan latihan berhenti di tanjakan, star di tanjakan, masuk ke gang-gang atau mapung-kampung. .

Sedangkan untuk tes urine, Mahrit Kaway S.H mengatakan direncanakan sekitar 200 klien, namun saat kegiatan berlangsung hanya terdapat 42 orang peserta tes urin. Dengan klien sebanyak 29 orang, 11 orang pegawai, dan 2 orang dari lapas perempuan. Klien yang dimaksud adalah mereka yang baru selesai menjalani masa tahanan di 3 Lapas. Yaitu  Lapas Narkotika, Lapas Abe ada juga Lapas Perempuan. (cr – 265)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *