Hari Pertama Peparnas, Papua Raih 20 Medali di Atletik

Para atlet Atletik Papua ketika mengikuti pertandingan lari di Stadion Utama Lukas Enembe, Sabtu (6/11). (PB Papernas For Cepos)

Sentani – InfoPublik – Hari pertama pelaksanaan Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XVI Papua, kontingen Papua berhasil meraih 8 medali emas di cabang olahraga (cabor) atletik di Stadion Utama Lukas Enembe, Sabtu (6/11).

Kedelapan peraih medali emas tersebut yakni Abraham Elopere klasifikasi T20 nomor lari 1500 meter putra dengan catatan waktu tercepat 4 menit 22.63 detik. Disusul peraih emas kedua, Dapiel Bayage klasifikasi T42 nomor lompat tinggi putra dengan lompatan terbaik 1.70 meter.

Emas ketiga bagi Papua diraih Selvy Merryna klasifikasi T12 nomor lari 400 meter putri dengan catatan waktu tercepat 1 menit 08.54 detik. Selanjutnya emas keempat, diraih Ari Naningsi Dwi Astuti di nomor lempar lembing putri klasifikasi F20 dengan lemparan terbaik 35.05 meter.

Kemudian emas kelima diraih Alfonsina Ondi, atlet lempar lembing putri klasifikasi F42 dengan catatan lemparan terjauh 15.96 meter. Disusul emas keenam diraih Maria Wilil atlet lempar lembing putri klasifikasi F47 catatan lemparan terjauh 26.63 meter.

Emas ketujuh kembali diraih Papua melalui Riyad Fallah klasifikasi F11 nomor lempar cakram putra dengan catatan lempira terbaik 25.67 meter. Dan medali emas terakhir didapatkan Yuliana Wouw klasifikasi T12 nomor lompat jauh putri dengan catatan waktu terjauh 3.94 meter.

Tak hanya 8 medali emas, kontingen Papua juga menambah pundi-pundi medali terdiri dari 9 medali perak dan 3 medali perunggu.

Meski tidak mencapai target 10 medali emas di hari pertama pelaksanaan Peparnas XVI Papua, namun pelatih kepala para-atletik NPC Papua Philipus Pamanggori tetap berbangga pencapai atletnya.

“Saya tetap bangga dengan hasil atlet hari ini, mereka sudah luar biasa berjuang untuk capai emas bagi Papua di Peparnas XVI Papua,” kata Philipus Pamanggori di Stadion Utama Lukas Enembe, Sabtu (06/11).

Dirinya mengaku tidak mencapai target dikarenakan para atletnya mengalami kelelahan. “Ini baru hari pertama, mungkin mereka kelelahan. Kita masih unggul dari kontingen lain dan masih ada hari esok kami akan berjuang,” tuturnya.

Pihaknya menargetkan di tiap perlombaan, bisa meraih 10 medali emas lantaran target untuk cabor para-atletik yakni 65 medali emas. “Target kita kalau bisa tiap hari lomba bisa dapatkan 10 medali emas, jadi kalau selama tujuh hari bisa penuhi target hitung-hitung bisa dapat 70 medali emas, untuk perorangan, dari 69 atlet yang kita turunkan di Peparnas,” tandasnya.

Diketahui perolehan 20 medali dari kontingen Papua memantapkan diri klasemen sementara perolehan medali terbanyak pada cabor atletik. (PBPeparnas/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *