Perkuat Perda Kampung Adat

Klemens Hamo, SIP (Foto: Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Ketua DPRD Jayapura,  Klemens Hamo mengatakan, pihaknya akan memperkuat dan memproteksi Perda Kampung Adat, salah satunya akan membentuk Perda Peringatan  HUT Kampung Adat di Kabupaten Jayapura.

“Ada yang bilang ini tidak jalan,  ini tidak maksimal.  Saya katakan, kita akan perkuat Perda Kampung Adat,  dengan membentuk Perda HUT Kebangkitan Masyarakat Adat di Kabupaten Jayapura,” kata Klemens Hamo, Kamis (4/11).

Perda Kampung Adat ini perlu diperkuat, mengingat Bupati Jayapura selaku pencetus atau penggagas kebangkitan masyarakat adat di Kabupaten Jayapura sebentar lagi akan memasuki masa akhir jabatannya sebagai Bupati Jayapura.  Sehingga dengan memperkuat Perda Kampung Adat ini, ke depan, siapapun yang akan duduk sebagai bupati di Kabupaten Jayapura bisa melanjutkan program ini.

“Jangan sampai kita hanya semangat saat ini, kita rayakan HUT, tapi jangan sampai besok ketika pergantian kepala daerah tidak lagi,  melalui Perda Kebangkitan Masyarakat Adat atau Perda HUT Kebangkitan Masyarakat Adat di Kabupaten Jayapura ini bisa dijadwalkan menjadi agenda rutin yang wajib dilakukan setiap tahunnya di kabupaten ini,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga akan kembali mengevaluasi Perda-perda yang sudah dibentuk sebelumnya, namun tidak lagi maksimal diterapkan.  Evaluasi terhadap Perda itu, baik  yang ada di  lembaga eksekutif juga legislatif.

Dia mengatakan, evaluasi terhadap Perda tersebut perlu dilakukan untuk mengetahui sejauh mana penerapannya di masyarakat.  Apakah Perda itu masih relevan atau tidak.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *