Media Berperan Berikan Pemahaman Pentingnya Kepesertaan Jamsostek

Kepala BPJS Jamsostek Merauke saat memberikan cinderamata kepada wartawan yang hadir dalam coffee morning, Kamis (4/11) kemarin. (Sulo/Cepos)

Tahun Depan Garap ASN, Aparat Kampung dan  Pekerja Rentan 

MERAUKE-Kepala BPJS Jamsostek Merauke Alamsyah Ali menilai bahwa media massa memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan pemahaman dan kesadaran kepada stakeholder dalam ini masyarakat pekerja dan pemberi kerja serta pemerintah terkait kepesertaan jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek).

   Hal ini disampaikan oleh Alamsyah Ali  saat  menggelar coffee  bareng dengan  wartawan, kemarin.  Menurut dia, jika para pekerja atau tenaga kerja tersebut sudah  terdaftar sebagai peserta, maka  mereka akan terlindungi  dalam program jaminan sosial tenaga kerja. Saat ini, kata dia, pihaknya memiliki 5 program jaminan sosial tenaga kerja yakni jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua, jaminan pensiun dan jaminan kehilangan pekerja.  “Jadi sudah komplit perlindungan  yang diberikan oleh pemerintah,” terangnya.

   Dikatakan, sampai saat  ini di wilayah kerja BPJS Jamsostek Merauke, sudah  ternyata 56.000 pekerja yang sudah dilindungi mulai dari Januari sampai Oktober 2021 yang terdiri dari  peserta penerima upah, peserta bukan penerima upah dan  peserta pekerja kontruksi.

   “Kami kedepannya, terkait  perlindungan  jaminan  sosial ini, selain bupati, wakil bupati  serta para anggota dewan  mendapatkan perlindungan ketenagakerjaan, juga para pekerja  rentan seperti petani, nelayan. Lalu RT dan RW serta serta para petugas posyandu bisa mendapatkan perlindungan  ketenagakerjaan,” terangnya.

  Untuk  pekerja rentan tersebut,  Alamsyah berharap iurannya dapat dibayarkan pemerintah daerah  sehingga terlibat dalam BPJS Tenaga Kerja. Termasuk perlindungan  ASN dan aparatur kampung. ‘’Kami harapkan  tahun 2022 mendatang mereka  bisa terdaftar sebagai peserta BPJS Jamsostek sehingga mendapatkan perlindungan kerja,’’ tandasnya. (ulo/tri)   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *