Awal Desember Sejumlah Talud Harus Selesai

Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. Rustan Saru, MM., meninjau pembangunan talud di Pintu Angin Polimak, Japsel, Kamis (4/11). (Gratianus silas/cepos)

*Kemarin, Wawali Tinjau Pembangunan Talud di Kota Jayapura

JAYAPURA– Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. Rustan Saru, MM., melakukan peninjauan pembangunan talud di sejumlah titik terjadinya banjir pada 2019 lalu. Peninjauan ini dilakukan antara lain di Pintu Angin Polimak, Jaya Asri, dan Skyline dekat Bukit Jokowi, Kamis (4/11) kemarin.

“Ini anggarannya baru turun di tahun 2020, dan setelah dilakukan kontrak dengan pihak ketiga, proes pembangunannya sementara dilakukan dan di akhir tahun ini sudah harus dituntaskan,” terang Ir. Rustan Saru, MM., kepada Cenderawasih Pos Kamis (4/11) kemarin.

Melihat pembangunan talud di Pintu Angin, Wawalkot Rustan mengatakan bahwa prosesnya sudah capai 72 persen. Sedangkan di Jaya Asri mencapai 80 persen, dan di Skyline sudah hampir 80 persen. “Target kita di satu bulan ini sudah selesai. Jadi, akhir November ini atau di awal Desember nanti sudah selesai,” tambahnya.

Wawalkot Rustan menambahkan, ada beberapa hal yang menjadi perhatian utama, di antaranya Kita minta pihak ketiga yang mengerjakan proyek ini betul-betul mengikuti standar gambar dan spesifikasi yang ada, terutama mengenai komposisi campuran material yang digunakan untuk membuat talud.

“Ini penting dalam kaitannya dengna kualitas dan umur dari pada talud yang dibangun. Kita  harap ini jadi perhatian serius dari konsultan serta pelaksana, kontraktor,” jelasnya.

“Kita minta konsultan tiap hari harus ada di lapangan. Tadi kita lihat beberapa konsultan yang hanya datang pergi saja. Mereka harus stay di lokasi pembangunan karena tugas mereka adalah mengawasi, di mana itu kita bayar. Jadi harus tetap di lapangan untuk berikan penjelasan dan pengawasan. Kontraktor yang bekerja juga memperhatikan mandor dan pekerja agar pembangunan talud itu terealisasi sesuai rancangan dan spesifikasi pada gambar rancangan pembangunan,” pungkasnya. (gr/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *