Penyelidikan dan Penyidikan dari Sesuai SOP

Pelaksanaan Supervisi dan Asistensi Hukum Fungsi Teknis Reskrim  serta sosialisasi Perpol 8 tahun 2021 di Mapolres Jayawijaya, Rabu (3/11). (Denny/Cepos)

Polres di Wilayah Lapago Dapat Supervisi Asistensi dari  Polda Papua

WAMENA-Personel Sat Reskrim dari beberapa Polres yang ada di Wilayah Lapago seperti Polres Jayawijaya, Lanny Jaya, Tolikara, Mamberamo Tengah dan Yalimo mendapatkan pembekalan supervisi dan Asistensi Hukum Fungsi teknis Reskrim  serta sosialisasi Perpol 8 tahun 2021 yang dipusatkan di Mapolres Jayawijaya.

  Kapolres Jayawijaya Melalui Kasat Reskrim Iptu Mattinetta, S,Sos, MM menyatakan asistensi yang dilakukan ini terkait masalah pekerjaan, baik masalah proses penyidikan maupun penyelidikan untuk melihat kelengkapan administrasi  sesuai dengan ketentuan atau SOP (Standar Operasional Prosedur ) dari kepolisian sendiri.

  “Dalam asitensi ini ini yang dilakukan pengecekan, tidak hanya kami di Polres Jayawijaya sendiri tetapi juga ada beberapa Polres lainnya seperti Polres Lanny Jaya, Tolikara, Mamberamo Tengah, Yalimo dan Puncak Jaya,  semua juga dilakukan pengecekan,”ungkapnya Rabu (3/11) kemarin.

  Ia juga menyatakan  pengecekan ini dilakukan dari Direskrimum Polda Papua yang merupakan bantuan dari penegasan kepada jajaran Reskrim di tingkat Polres -Polres,  sedangkan untuk sosialisasi peraturan kepolisian nomor 8 tahun 2021 tentang penyelesaian masalah secara kekeluargaan itu ada ketentuan yang perlu dipenuhi terlebih dahulu.

  “Jadi ini berkaitan dengan tugas dan fungsi Reskrim baik itu penanganan kasus sesuai SOP maupun penyelesaian kasus secara kekeluargaan ini juga menjadi materi penting, sebab banyak kasus di Jayawijaya yang diselesaikan secara kekeluargaan,”beber Mattinetta

  Ia juga menyatakan asistensi ini dibuat secara rayon kebetulan Polres Jayawijaya sebagai induk dari Polres -Polres di wilayah Lapago, tiap tahun asistensi ini akan dilakukan dan ini wajib dilakukan dalam bentuk pengawasan.

  “Artinya dalam menjalankan peran fungsi dan tugas dari Reskrim harus sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan perlu memperhatikan tahapannya maupun dari Sumberdaya manusianya (SDM) dalam hal ini penyidik dan penyidik pembantu,”kata Kasat Reskrim Polres Jayawijaya.

  Ia juga menambahkan, dalam melakukan peran dan fungsi Reskrim itu ada legalitas dan aturan yang perlu dipahami oleh anggota,  sehingga ini bisa diterapkan dalam teknis pelaksanaan pekerjaan di lapangan tentunya dengan melihat SOP itu.

  “Jadi asistensi ini untuk melakukan pengawasan kepada setiap jajaran di Polres -polres sehingga apa yang dilakukan semua pada berdasarkan SOP yang berlaku,”tutupnya.  (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *