Penanganan Papua Berbeda dengan Daerah Lain

Audiensi kunjungan kehormatan TIM ICRC-PMI dan Polda Papua, Rabu (3/11) kemarin. (HUMAS POLDA)

JAYAPURA – Audiensi kunjungan kehormatan TIM ICRC-PMI terkait menginformasikan kegiatan ICRC di Indonesia termasuk kerjasama dengan Polri pada perkembangan kegiatan ICRC-PMI pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Mapolda Papua, Rabu (3/11).

Letnan Jenderal TNI (Purn.) Sumarsono Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana Pusat mengatakan, penanganan di Papua berbeda dengan daerah lain karena harus dengan sistem soft atau mengajak walaupun banyak kesulitan yang hadapi di lapangan.

“Kami hadir demi kemanusiaan bukan karena politik,” terangnya.

Dikatakan, masalah sosialisasi Vaksinasi sangat didahulukan agar tidak akan terjadi pemaksaan dan masyarakat akan sadar.

Sementara itu, Kartika Juwita selaku Kepala Kerjasama Delegasi Regional untuk Indonesia dan Timor Leste menyampaikan, pihaknya akan selalu memegang untuk digunakan di lapangan.

Sementara itu, Wakapolda Papua Brigjen Pol Eko Rudi Sudarto menyampaikan, hingga saat ini perlu adanya kerja sama. Di wilayah Pegunungan kendalanya yakni sulit untuk di imbau. “Kami harap bantuan bukan sebagai Comunity Development tetapi untuk kemanusiaan dengan Soft Approach Polsing,” kata Wakapolda.

Lanjut Wakapolda, yang dilakukan dengan aparat terkait Covid  memasifkan di Pegunungan karna wilayah tersebut kenaikan vaksinnya sangat pelan, kendala karena budaya, wilayah gunung luas penduduk sedikit serta tempat tinggal masyarakat tersebar. Apalagi terakhir di Pagubin telah terjadi tragedi terkait Nakes.

“Kami akan menginstruksikan kepada rekan-rekan Binmas Noken untuk dapat menggandeng dan mengajak rekan-rekan sekalian agar dapat bekerja sama dengan tujuan kemanusiaan,” pungkasnya. (fia/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *