Kongres AMAN Harus Sukses Seperti PON

Mathius Awoitauw. (Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura dipastikan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Kongres Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) yang akan digelar pada 2022 mendatang.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE M.Si mengatakan, penyelenggaraan kongres AMAN di Kabupaten Jayapura ini harus sukses sebagaimana Kabupaten Jayapura sudah menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 yang digelar Oktober lalu.

“PON saja kita bisa, apalagi AMAN, kita juga harus bisa,” ungkap Mathius Awoitauw kepada wartawan di Sentani Rabu (3/11),  kemarin.

Suksesnya penyelenggaraan kegiatan ini tidak terlepas dari dukungan semua orang, mulai dari masyarakat, termasuk pemerintah mulai dari kepala kampung hingga kepala distrik dan tentunya Pemerintah Kabupaten Jayapura.  Namun demikian, dia meminta kepada kepala distrik dan kepala kampung sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah daerah untuk mendukung penuh persiapan penyelenggaraan Kongres AMAN yang akan diselenggarakan itu.

“Saya minta, kepala diatrik, kepala kampung supaya memberi dukungan penuh, supaya kongres AMAN tahun depan bisa berjalan lancar sesuai dengan apa yang kita harapkan,” katanya.

Mantan Ketua KPU Kabupaten Jayapura itu juga meminta agar masyarakat adat yang ada di kampung perlu melakukan penataan terhadap wajah kampung masing-masing. Karena kongres masyarakat adat ini tidak akan dilakukan di hotel atau tempat mewah, tetapi akan dilaksanakan di kampung-kampung.  Para tamu yang datang juga merupakan dari kalangan orang adat atau masyarakat adat dari luar Papua sehingga mereka juga berkesempatan untuk melihat Papua dari dekat dan bisa mengenal adat budaya dan karakter orang Papua.

“Karena itu kita juga harus memberikan teladan, contoh yang baik kepada tamu-tamu yang akan datang ke kampung-kampung kita,”pungkasnya.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *