Dorong Legalitas Kepemilikan Tanah

Staf Ahli Bupati Biak Numfor, Simon Rumaropen, S.Sos.,MM didampingi Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Biak Numfor Ezrom Deddy Budyantho, S.T ketika memimpin sidang PPL, di Gedung Darma Wanita, Rabu (3/11) kemarin. (Fiktor/Cepos)

BIAK-Pemerintah Kabupaten Biak Numfor mendukung dan menyambut baik rapat sidang Panitia Pertimbangan Landreform  (PPL).  Ini merupakan bagian dari kegiatan yang menghadirkan langsung pemerintah di tengah-tengah masayarakat untuk memberikan kepastian kepada masyarakat tentang legalitas tanah.

   “Pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya BPN Kabupaten Biak Numfor dan tim PPL yang telah melakukan tugasnya dengan penuh semangat dan serius serta bertanggungjawab,” ungkap Staf Ahli Bupati Biak Numfor, Simon Rumaropen, S.Sos.,MM ketika membacakan sambutan tertulis Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd saat memimpin sidang PPL, di Gedung Darma Wanita, kemarin.

  Diakui, bahwa di Kabupaten Biak Numfor banyak tanah yang belum mendapatkan legalitas atau sertifikat, untuk itu diharapkan kepada BPN agar program ini dilanjutkan sehingga usulan-usulan ini nantinya dapat sama-sama kita penuhi.

  “Dengan Landreform redistribusi tanah  yang dilakukan saat ini, bisa membantu sebagian masyarakat di perkampungan untuk menguatkan status kepemilikan tanahnya,” lanjutnya.

  Sementara itu Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Biak Numfor Ezrom Deddy Budyantho, S.T mengatakan,  pemerintah pusat melalui kementerian ATR/BPN telah melaksanakan reformasi agraria berupa kegiatan retribusi tanah sebagai bagian program strategis pada tahun 2021. Program itu salah satunya ditindaklanjuti dalam sidang panitia pertimbangan landreform.

  “Kami target ada 100 sertifikat yang akan diterbatkan dalam waktu dekat untuk masyarakat, sertifikat yang akan diberikan kepada masyarakat untuk menguatkan kepemilikan tanahnya, ininya kedepan kegiatan ini akan terus dilakukan untuk membantu masyarakat,” ujarnya.(itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *