BOP untuk PLS Masuk Rekening PKBM 

Thiasoni Betaubun, S.Sos, MM, M.Pd. (Sulo/Cepos)

MERAUKE- Biaya Operasional Pendidikan (BOP) untuk Pendidikan Luar Sekolah (PLS) akhirnya  masuk ke rekening Pusat Kegiatan Belajar Mandiri (PKBM) yang ada di Merauke terhitung Selasa (2/11).

  ‘’Untuk dana BOP tersebut hari ini  kita sudah cairkan masuk  ke rekening masing-masing  pengelola  pendidikan luar sekolah dalam hal ini setiap PKBM yang ada di Merauke,’’ kata Kepala Dinas  Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke Thiasoni Betaubun, S.Sos, MM, M.Pd ditemui media ini di Kantornya,  Selasa (2/11).

    Namun begitu, menurut Thiasoni bahwa  dana yang cair masuk dari rekening Pemerintah Daerah ke rekening PKBM adalah mereka yang sudah membuat pernyataan mutlak. Artinya menggunakan dana tersebut sesuai dengan petunjuk tehnis (juknis).

  “Karena pendidikan   formal maupun pendidikan non  formal tetap dengan konteks bahwa  seluruh dana diperuntukan bagi anak bangsa baik itu pendidikan formal maupn non formal harus tetap tepat sasaran. Karena itu, dana yang diberikan tetap membuat pernyataan bertanggung jawab  atas dana tersebut. Hari ini semua masuk ke rekening dan bagi mereka yang belum  membuat pernyataan  belum bisa kami  kasih dananya,’’ kata  Thiasoni.

  Menurut dia, surat pernyataan tersebut wajib dibuat  agar  peruntukan dan penggunaannya  sesuai dengan prosedur yang ada.  Soal jumlah yang   diberikan kepada masing-masing  PKBM, Thiasoni menjelaskan bahwa bervariasi.

  Namun BOP untuk sekolah pendidikan luar hampir sama dengan pendidikan formal. Dimana untuk SD  besaran dana dana Bos Rp 1,385 juta persiswa pertahun,  SMP  Rp 1,68 juta  persiswa pertahun. Sedangkan  untuk SMA/SMK sebesar Rp 2,4 juta persiswa  pertahun. ‘’Nah, saya kira  dana-dana itu diperuntukan sesuai dengan juknis yang ada. Kita harapkan mereka melaksanakan pelaporan atau pertanggungjawaban sesuai dengan Juknis  yang ada,’’ harapnya. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *