Rakor Usulan Sail Teluk Cenderawasih, Dihadiri 11 Kementerian 

Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd ketika memaparkan kesiapan Kabupaten Biak Numfor terkait usulan pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih didepan jajaran kementerian terkait dalam Rakor Video Conference, Senin (1/11). (Fiktor/Cepos)

BIAK-Rapat koordinasi (Rakor) pemaparan usulan Sail Teluk Cenderawasih dilakukan secara video conference dipimpin langsung oleh Asisten Deputi Parwisata Berkelanjutan Kementerian Koordinator Maritim dan Imvestasi , Kosmas Harefa, Senin (01/11). Ada sejumlah deputi dan direktur dari 11 kementerian hadir dalam Rakor yang dilakukan secara video conference itu.

  Rakor dengan agenda pemaparan usulan Sail Teluk Cenderawasih oleh Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd dihadiri langsung oleh masing-masing perwakilan dari kementerian terkait. Adapun peserta yang hadir secara virtual diantaranya; dari Kemenkomarves dihadiri oleh Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Investasi bersama Asisten Deputi Pengelolaan Ruang Laut dan Pesisir.

  Selain itu juga hadir  Sekretaris Direktoral Jenderal BIna Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dihadiri oleh Direktur Wisata dan Minat Wisata, Direktur Event Nasional dan Internasional, dan Direktur Pemasaran Pariwisata Nasional.

  Lalu Direktur Pengembangan Kawasan Pemungkiman Kementerian PUPR, Direktur Kepelabuhanan, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan, Direktur Jasa Kelautan Kementerian Kelautan dan Perikanan,  Direktur Industri, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian PPN/Bappenas.

  Dalam kesempatan itu Bupati memaparkan tentang kesiapan, persiapan dan dukungan yang perlu dilakukan oleh lembaga ataupun kementerian terkait dalam mendukung suksesnya usulan pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih yang rencananya dilakukan bulan Oktober 2023.

  Ada bebetapa poin utama yang digambarkan oleh Bupati Herry Naap dalam Rakor tersebut, diantaranya; pendahuluan dengan memberikan gambaran tentang Kabupaten Biak Numfor secara umum, gambaran Teluk Cenderawasih, menjelaskan tema “memperkuat kedaulatan maritim Indonesia di Pasifik, susunan acara Sail Teluk Cenderawasih, dukungan yang diharapkan dari lembaga atau kementerian-kementerian untuk suksesnya pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih.

  “Kami menyampaikan bagaimana kesiapan dan gambaran tentang kesiapan kita, terkait dengan usulan pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih. Intinya dari pemerintah pusat merespon baik dan siap mendukung, ya kita harapkan Inpresnya segera ditandatangani oleh Bapak Presiden, karena dengan Sail ini akan memberikan multi efek terhadap kemajuan pembangunan diberbagai sektor,”  ujar Bupati Herry Ario Naap sesudah memaparkan kesiapan usulan Sail Teluk Cenderawasih dalam Rakor secara virtual dengan 11 kementerian.(itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *