Cakupan Vaksinasi di Makassar Capai 71 Persen

Ilustrasi vaksin Covid-19. (Foto/Antara)

MAKASSAR–Pemerintah Kota Makassar bersama sejumlah pihak yang ikut mendukung program vaksinasi masal, berhasil menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada 710 ribu orang lebih. Jumlah itu sekitar 71,36 persen dari target 1.102.330 total penduduk ibu kota Sulsel itu.

  Plt Kepala Dinas Kesehatan Nursaidah Sirajuddin seperti dilansir dari Antara di Makassar mengatakan, angka 71 persen itu berdasar penyuntikan dosis pertama. ”Dosis pertama itu sudah 71,36 persen dan dosis kedua sudah di atas 50 persen juga,” kata Nursaidah Sirajuddin.

  Meski pada dosis pertama telah mencapai angka 71,36 persen, pihaknya terus membuka layanan vaksin melalui berbagai program. Sehingga semua target vaksinasi tersebut bisa dicapai.

  Nursaidah menyatakan, antusiasme masyarakat dalam mengikuti program pemerintah untuk penanganan Covid-19 cukup tinggi. Meskipun demikian, dia mengaku kalangan masyarakat usia usia dalam vaksinasi tidak terlalu signifikan seperti usia muda dan produktif.

  ”Kalau berdasar usia yang banyak vaksin tentunya adalah usia produktif dibandingkan dengan usia lansia,” terang Nursaidah Sirajuddin.

  Dia menyatakan, dengan capaian tersebut, herd immunity atau kekebalan kelompok telah terbentuk di Kota Makassar. Menurut kementerian kesehatan, herd immunity dapat tercapai ketika sebagian besar populasi kebal terhadap penyakit menular tertentu.

”Jadi apa yang diharapkan kemenkes bahwa minimal 70 persen sudah kita dapatkan herd immunity. Kalau dosis dua 50,60 persen,” ujar Nursaidah Sirajuddin.

  Setelah melihat capaian tersebut, pihaknya masih tetap akan menggenjot vaksinasi masal. Melalui program 100 RT per 100 persen, angka sasaran yang ditargetkan bisa saja melampaui.

  Seiring dengan capaian vaksinasi tersebut, kasus konfirmasi positif Covid-19 di Makassar juga dilaporkan melandai. Bahkan data harian kasus konfirmasi tidak melampaui angka 15–20 orang per hari. (jawapos.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *