BMKG Ingatkan Potensi Angin Kencang di Sejumlah Wilayah

Petugas melakukan pemeriksaan cuaca di BMKG Juanda. (Foto/Antara)

SURABAYA–Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca ekstrem. Sejumlah wilayah di Jawa Timur berpotensi dilanda angin kencang sehingga masyarakat diharapkan lebih waspada.

  Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto mengatakan, dari pantauan citra satelit yang dilakukan pada hari ini (1/11) tercatat beberapa daerah di Jawa Timur berpotensi dilanda angin kencang. ”Waspada terhadap hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat di beberapa wilayah di Jawa Timur,” kata Teguh Tri Susanto seperti dilansir dari Antara, Senin (1/11).

  Dia mengatakan, beberapa wilayah yang berpotensi terjadi angin kencang pada pagi hari adalah Kabupaten Malang, Probolinggo, dan Bondowoso. ”Kemudian pada siang dan sore hari di wilayah Kabupaten Mojokerto, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Jember, Bondowoso, dan Situbondo,” ujar Teguh Tri Susanto.

  Dia menjelaskan, secara umum suhu udara di Jawa Timur berkisar antara 14–36 derajat celsius, kelembapan udara berkisar antara 45–100 persen, dengan kecepatan angin dominan dari tenggara ke timur dengan kecepatan 5–30 kilometer per jam.

  ”Waspadai potensi bencana hidrometeorologi seperti angin kencang, tanah longsor, dan juga banjir terutama saat peralihan dari musim kemarau ke musim hujan seperti sekarang ini,” terang Teguh Tri Susanto.

  Dia menambahkan, pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan di setiap kabupaten/kota untuk menyampaikan informasi terbaru kondisi cuaca. ”Masyarakat bisa mengakses informasi terkait BMKG melalui berbagai kanal yang sudah disediakan,” tutur Teguh Tri Susanto. (jawapos.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *