Analisis Pelatih Pasca Kekalahan Marcus/Kevin atas Eks No 1 Dunia

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menjadi runner-up French Open 2021 (BWF)

JawaPos.com-Ganda nomor satu dunia dari Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo gagal mempertahankan gelar mereka pada ajang French Open. Dalam laga final edisi 2021 di Stade Pierre de Coubertin, Paris (1/11), Marcus/Kevin kandas di tangan mantan pasangan nomor satu dunia asal Korea Selatan Ko Sung-hyun/Shin Baek-cheol.

Minions tumbang dalam straight game dengan skor 17-21 dan 20-22. Pertandingan tersebut berlangsung dalam tempo 39 menit. Pada game pertama, pertandingan berjalan ketat. Ko/Shin memang hanya unggul tipis. Namun, Marcus/Kevin tidak mampu untuk mengejar mereka. Saat unggul 18-17, Ko-Shin melesat, mencetak tiga angka beruntun untuk merebut game pertama.

Di awal game kedua, Ko/Shin langsung melaju dan unggul 5-1 lalu mencapai interval dan memimpin 11-7. Namun, dengan usaha keras, Marcus/Kevin berhasil bangkit dan bahkan berbalik unggul 17-15.

Sayang, momentum bagus tersebut tidak bisa dimanifestasikan dengan kemenangan di game kedua. Ko/Shin bangkit, terus mengejar, mencapai match point dengan skor 20-19. Setelah adu setting, Ko/Shin akhirnya memungkasi laga dengan kemenangan 22-20.

“Tenaga Marcus/Kevin sudah habis,” ucap pelatih ganda putra Herry Iman Pierngadi dikutip dari siaran pers PP PBSI yang diterima JawaPos.com.

“Mereka tanding enam minggu nonstop, fokus, konsentrasi sudah menurun. Gerakan kaki sudah tidak cepat lagi, tenaga tangan pun menurun,” tambah Herry IP.

Menurut Herry IP, puncak penampilan Marcus/Kevin di French Open 2021 terjadi pada semifinal. Yakni saat mereka mengalahkan kompatriot mereka Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dalam tiga game.

“(Semifinal) itu top formnya, tadi final sudah menurun. Korea masih fresh, tenaga baru. Mereka sudah maksimal lah sampe final dengan kondisi ini,” ucap Herry IP.

Ko/Shin yang sempat pensiun pasca Olimpiade Rio 2016 memang memberikan kejutan luar biasa dengan menjadi juara. Apalagi, mereka kali terakhir bertanding pada ajang Toyota Thailand Open yang berlangsung Januari lalu. Sebelum di French Open 2021, Ko/Shin bahkan kali terakhir menang dalam sebuah pertandingan pada ajang Australia Open 2019.

Di sisi lain, setelah berlaga di Piala Sudirman, Thomas Cup, Denmark Open, dan French Open yang dimulai sejak September, tur Eropa Marcus/Kevin belum berhenti.

Mereka masih harus berlaga di Hylo Open 2021 yang berlangsung di Saarbruecken, Jerman. Selain Minions yang menjadi unggulan pertama, dua ganda putra Indonesia Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Fajar/Rian juga akan turun pada ajang itu sebagai unggulan kedua dan ketiga.(JawaPos)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *