Siapkan Bonus, Bukti Kesetaraan Dari Gubernur Papua

Gubernur Papua, Lukas Enembe saat memberikan sambutan saat pelepasan kontingen NPC Papua 29 Oktober di halaman Stadion Lukas Enembe, (Erik / Cepos)

JAYAPURA – Gubernur Papua, Lukas Enembe telah membeberkan, bahwa pemerintah Papua juga menyiapkan bonus besar bagi atlet Papua yang mampu meraih prestasi pada ajang Pekan Paralimpik Nasional atau Peparnas XVI Papua 2021. Bahkan Gubernur Enembe menyebutkan bahwa atlet NPC Papua justru akan mendapatkan bonus lebih baik sedikit dari atlet non disabilitas yang tampil di PON XX.

Tentu apa yang dilakukan oleh Gubernur Enembe sebagai wujud kesetaraan disabilitas dan non disabilitas di Bumi Papua. Tak hanya soal bonus, selama ini Gubernur Enembe tidak pernah tutup mata soal pembinaan prestasi atlet NPC Papua. Bahkan, atlet NPC Papua juga mendapatkan perlakukan yang sama dengan atlet PON Papua selama melakukan persiapan.

“Negara Kesatuan Republik Indonesia menjamin kelangsungan hidup setiap warga negara, termasuk para penyandang disabilitas yang mempunyai kedudukan hukum dan memiliki hak asasi manusia yang sama sebagai warga negara Indonesia. Ini merupakan amanah dan karunia Tuhan untuk hidup maju dan berkembang secara adil dan bermartabat,” ungkap Gubernur Enembe dalam sambutannya dalam ceremony pelepasan kontingen NPC Papua di halaman Stadion Lukas Enembe pekan lalu.

“Penyelenggaraan Peparnas XVI ini merupakan bagian yang sangat penting dari usaha pemerintah Papua untuk membangun dan mendorong kesamaan hak dan kedudukan bagi kaum disabilitas untuk mengembangkan potensinya di bidang olahraga prestasi. Sudah banyak bukti bahwa atlet disabilitas dapat mencapai hasil tertinggi dalam dunia olahraga bahkan melebihi atlet non disabilitas. Itulah mengapa kesetaraan dan kesamaan hak ini dijadikan momentum penting dalam pelaksanaan Peparnas XVI,” sambung Gubernur Enembe.

Orang nomor satu di Bumi Papua itu juga memberikan apresiasi kepada NPCI Papua yang sudah menyiapkan atletnya dengan baik demi mengharumkan nama Papua di kancah nasional dan internasional.

“Saya memberikan apresiasi kepada NPCI Papua yang telah mempersiapkan para atlet Peparnas asal Papua, sehingga sesuai laporan telah dinyatakan siap berjuang dalam memperebutkan medali di ajang Peparnas XVI. Saya mendorong dan memberikan semangat juang kepada segenap kontingen Papua. Pemerintah Papua akan memperhatikan prestasi puncak yang dicapai dengan melalui kebijakan khusus,” pungkas Gubernur Enembe. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *