Ricky Kambuaya Kembali dari Skors

Gelandang Persebaya Ricky Kambuaya (kanan) berebut bola dengan gelandang Persela Lamongan Syahroni dalam laga Liga 1 2021 (Jawa Pos)

JawaPos.com-Ketika menghadapi Persija Jakarta (26/10), Ricky Kambuaya dan Bruno Moreira harus menepi. Keduanya terpaksa absen karena skors. Di laga tersebut, Rachmat Irianto, Rizky Ridho, Marselino Ferdinan, dan kiper Ernando Eri juga tak bisa bermain. Mereka harus membela timnas U-23 di kualifikasi Piala Asia U-23.

Meski banyak pilar yang absen, Persebaya Surabaya toh masih bisa meraih tiga angka. Nah, malam nanti, Green Force –julukan Persebaya– bisa tampil dengan kekuatan yang lebih solid. Itu menyusul kembalinya Kambuaya. Sementara itu, Bruno masih menjalani skors tambahan.

Harusnya, dengan komposisi yang lebih baik, Persebaya bisa kembali meraup poin sempurna. Apalagi, kondisi Persiraja Banda Aceh sedang drop. Mereka belum pernah meraih kemenangan dalam tujuh laga terakhir.

Tim yang baru saja mendepak pelatih Hendri Susilo itu kini masih berada di dasar klasemen sementara. ’’Ya, harusnya memang kami bisa tampil lebih baik daripada lawan Persija,’’ tutur Aji Santoso, pelatih Persebaya.

Tampil lebih baik yang dimaksud adalah bermain dengan lebih sempurna. Tanpa celah.

’’Kalau bermain dengan cara Persebaya dan bersungguh-sungguh, kami pasti dapat tiga poin,’’ tegasnya. Jika tidak, bisa saja justru Persebaya antiklimaks. ’’Bermainlah seperti lawan Persija, kalau bisa, ya ditingkatkan lagi,’’ tuturnya.

Pemain Persebaya Ady Setiawan sepakat dengan sang pelatih. Ady menegaskan bahwa dia dan rekan-rekannya siap menjalankan instruksi Aji. Dia juga sudah berbicara dengan rekan-rekannya untuk tidak akan mengendurkan semangat sedikit pun melawan Persiraja. ’’Karena kami ingin melanjutkan tren positif ini,’’ kata Ady.

Ady sadar, jika bisa meraih tiga poin melawan Persiraja, beban saat menghadapi laga berikutnya bisa lebih ringan. Ya, menurut jadwal, setelah melawan Persiraja, skuad Green Force sudah ditunggu Arema FC pada akhir pekan ini (6/11).

Aji Santoso sadar betul betapa pentingnya laga melawan Arema FC pada 6 November mendatang. Namun, Aji menegaskan kalau dia dan pasukannya tidak mau fokusnya terpecah. Untuk saat ini, konsentrasi dicurahkan untuk menghadapi Persiraja.

’’Masih lama, kami fokus pertandingan melawan Persiraja dulu,’’ tandas Aji. ’’Lawan Arema belum ada di pikiran saya,’’ lanjutnya.

Jika Persebaya tampil dengan komposisi yang sempurna, hal berbeda justru dialami Persiraja. Karteker Laskar Rencong Akhyar Ilyas menuturkan, skuadnya tidak dalam kekuatan penuh melawan Persebaya. Banyak pemain inti yang cedera.

Salah satunya adalah striker andalan Paulo Henrique. Meski sempat tampil ketika dikalahkan Madura United, Henrique kembali diterpa cedera setelah pertandingan.

’’Waktu recovery kami pendek, ditambah lawan Madura United intensitasnya tinggi. Banyak pemain yang akhirnya cedera,’’ keluh Akhyar.

Akhyar mengaku tidak banyak mengubah apa yang sudah ditinggalkan pelatih sebelumnya, Hendri Susilo. Malah, dia tetap akan memakai strategi milik Hendri ketika melawan Persebaya.

’’Karena saya tidak punya banyak waktu,’’ bebernya. Praktis, dia hanya membenahi mental Defri Rizki dkk saja agar minimal bisa menyulitkan Persebaya. ’’Besok (hari ini, Red) pemain berkomitmen untuk main lebih baik,’’ paparnya.(JawaPos)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *