Resmi Tutup Sejumlah TPS Ilegal

Salah satu tempat pembuangan sampah liar yang ada di pinggiran kota Sentani Kabupaten Jayapura yang saat ini sudah ditutup oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura, Sabtu (30/10). (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Dinas Lingkungan Hidup, secara tegas telah menutup sejumlah Tempat Pembuangan Sementara (TPS) liar yang ada di sejumlah titik di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri menjelaskan, penutupan sejumlah TPS yang ada di sejumlah titik di Kabupaten Jayapura itu dilakukan pihaknya untuk menata kebersihan wilayah Kota Sentani yang sejauh ini terlihat kumuh.

“Kami sudah menutup sejumlah tempat pembuangan TPS yang tidak direkomendasikan oleh pemerintah,” kata Abdurrahman Basri kepada wartawan di Sentani, Sabtu, ( 30/10).

Dia mengatakan, penutupan sejumlah TPS ilegal ini juga merupakan solusi sehingga pihaknya akan mendorong pemanfaatan tempat sampah sementara yang ada di kompleks perumahan. Yang mana selanjutnya akan diangkut oleh petugas kebersihan Kabupaten Jayapura di setiap kompleks perumahan itu.

“Sedang disosialisasikan, kita berharap semua kompleks perumahan bekerjasama dengan RT/RW menyiapkan tempat pembuangan sampah sementara,”ujarnya.

Karena itu, dia menepis adanya tudingan atau tanggapan dari masyarakat terkait kebijakan penutupan TPS di sejumlah tempat yang dinilai tidak memberikan solusi. Menurutnya, solusi yang diambil oleh pemerintah untuk menangani masalah itu adalah dengan memanfaatkan tempat sampah yang ada di kompleks perumahan sehingga tidak lagi sampah-sampah dari kompleks perumahan itu dibawa ke pinggir jalan umum.

Hal ini juga dilakukan pihaknya dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan mengenakan retribusi sampah bagi masyarakat di setiap kompleks perumahan. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *