Pabrik Sagu di Sereh Tua Fokus Penuhi Kebutuhan Lokal

Bangunan pabrik sagu milik pemerintah yang sementara ini belum dioperasikan sejak diresmikan beberapa waktu lalu.Pihk pengelola masih menunggu biaya operasional dari Pemkab Jayapura. (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Pabrik sagu yang dibangun oleh Pemerintah Pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang berlokasi di Yabaso Sentani, sampai saat ini memang belum dioperasikan. Sebagaimana diketahui, pabrik sagu tersebut dibangun oleh pemerintah pusat dengan tujuan pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat lokal yang terkena dampak akibat bencana banjir bandang Tahun 2019 lalu.

Pihak pengelola, Yanto Eluay menjelaskan, secara umum kehadiran pabrik sagu di kampung Sereh Tua itu lebih memprioritaskan pemenuhan kebutuhan sagu  di wilayah Papua.

“Nanti rencananya hasil olahan pabrik sagu ini akan kita prioritaskan untuk memenuhi kebutuhan sagu lokal kita,” kata Yanto Eluay, Sabtu (30/10).

Namun untuk memulai beroperasinya pabrik tepung sagu di Kampung Sereh Tua itu, saat ini pihaknya masih menunggu dana operasional dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura.

“Kita masih menunggu biaya operasionalnya dari pemerintah, setelah ada  baru kita mulai memproduksi tepung sagu,”ungkapnya.

Kemudian selanjutnya pengoperasian pabrik tepung sagu itu juga akan bekerjasama dengan UPTD yang berada di bawah Dinas Perkebunan Kabupaten Jayapura. Namun itu baru bisa dilaksanakan apabila Pemkab Jayapura telah menganggarkan biaya operasionalnya.

“Itu alternatif pertama yang akan kita tempuh,”ungkapnya.

Lanjut dia, opsi berikutnya pihaknya akan menjalin hubungan kerja sama dengan investor terkait dengan pengelolaan pabrik tepung sagu di Kabupaten Jayapura itu.

Ditanya mengenai ketersediaan bahan baku pohon sagu di Kabupaten Jayapura untuk memenuhi kebutuhan produksi, menurut Yanto bahan baku itu tidak saja didatangkan dari Sentani, Kabupaten Jayapura dan beberapa wilayah lainnya tetapi juga akan didatangkan dari Kabupaten Keerom.

“Jadi awal sebelum adanya pabrik tepung sagu di Sentani, itu sudah ada MoU dengan Kabupaten Keerom” jelasnya.

Termasuk juga nanti akan memanfaatkan transportasi tol laut untuk memasok bahan baku sagu dari kabupaten lain yang berpotensi di Papua dan daerah lainnya.   Pihaknya juga menjamin kehadiran pabrik tepung sagu di Kabupaten Jayapura akan menyediakan pasar bagi produksi sagu di kabupaten Jayapura.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *