Pantau BTM di Sekolah, Prokes Ketat Telah Dilaksanakan

Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. Rustan Saru, MM., meninjau pelaksanaan Belajar Tatap Muka (BTM) di SMP YPK Paulus Dok 5 Jayapura, Kamis (28/10) lalu. (GRATIANUS SILAS/CEPOS)

Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. Rustan Saru, MM., melakukan peninjauan beberapa SMP dan SD yang diproyeksikan melakukan belajar tatap muka (BTM), Kamis (28/10) kemarin.
Terdapat tiga sekolah yang dikunjungi dalam peninjauan kedua ini, yakni SD Hikmah Yapis, SMP YPK Paulus Dok 5 Jayapura, dan SD YPPK Kristus Raja Dok 5 Jayapura.
“Dari pengamatan, di SD Hikmah Yapis, digunakan sistem belajar ganjil – genap bagi siswa. Untuk prokes, sudah diterapkan mulai dari tempat pencuci tangan, handsanitizer, jaga jarak tempat duduk di ruang kelas, dan lama waktu belajar. Ada juga dibentuk Satgas Covid di tingkat sekolah dan penyediaan ruang UKS bagi siswa,” jelas Ir. Rustan Saru, MM., Kamis (28/10).
Sedangkan sistem belajar di SMP YPK Paulus juga menerapkan ganjil – genap, dalam hal ini memisahkan siswa yang sudah divaksin dan belum divaksin.
“Meskipun kita berharap semua siswa pada akhirnya divaksin, sehingga memperkuat kekebalan tubuhnya dari ancaman penularan Covid, maupun mempercepat penyebuhannya jika terpapar Covid 19, serta menciptakan herd immunity di lingkup terkecil, yakni lingkungan sekolah,” tambahnya.
Sementara itu, SD YPPK Kristus Raja juga telah melakukan BTM bagi siswanya, di mana sebagai permulaan diawali siswa kelas VI.
“Para siswa mengaku senang kembali bersekolah tatap muka dengan teman maupun guru. Kesimpulannya, semua terjaga, terkontrol, di mana disiplin prokes yang diterapkan di sekolah sangat ketat, dan juga aman. Ini awal yang baik dalam penerapan BTM di Kota Jayapura, agar tidak ada siswa yang terpapar,” pungkasnya. (gr/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *