Kemarau, Warga Tiom Kesulitan Air

Terius Yigibalom , SH (Denny/ Cepos )

WAMENA-Ketua Komisi A DPRD Lanny Jaya Terius Yigibalom, SH mengungkapkan bahwa dalam beberapa minggu terakhir ini masyarakat di Tiom ibu kota Lanny Jaya kesulitan air karena kemarau yang berkepanjangan. Sumur-sumur warga banyak yang mengalami kekeringan sehingga susah untuk mendapatkan air minum.
“Kami mengusulkan kepada pemerintah untuk menambah armada mobil tangki air di Lanny Jaya untuk memenuhi kebutuhan air minum masyarakat pada saat kemarau seperti ini,” ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Jumat (29/10) kemarin.
Menurutnya, sejak jaman Karateker Bupati sampai saat ini, ia selalu mengusulkan agar pemerintah menganggarkan pencarian mata air atau kali yang bisa digunakan untuk dijadikan sumber air bersih yang bisa digunakan seluruh masyarakat, terutama di Ibukota Kabupaten Lanny Jaya.
“Sampai saat ini belum pernah mendapatkan mata air yang baik dan cukup debit airnya sehingga tidak mampu melayani masyarakat. Karena itu, kami dari DPRD meminta pemerintah mengganggarkan untuk pembelian mobil tangki 5 unit dari pada mengganggarkan kendaraan dinas yang hanya pakai naik turun Wamena saja,”jelasnya.
Saat kemarau seperti ini masyarakat sangat sulit mendapatkan air bersih mereka harus turun ke Kali Tiom atau Kali Malagai untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Hal ini terlihat seperti membuat malu pemerintah oleh karena itu diharapkan tahun depan paling tidak pemerintah menyediakan mobil tangki air supaya membantu masyarakat. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *