ISBI Tanah Papua Gelar Wisuda II bagi 37 orang wisudawan/i

Foto bersama wisudawan/i Ke- 2 dalam Dies Natalis ke-7 bagi 37 orang wisudawan/I, bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2021, di Hotel Horison Kotaraja. Kamis (29/10) lalu. (SBI For Cepos)

JAYAPURA-Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Tanah Papua menggelar Dies Natalis ke-7 dan wisuda ke-2 bagi 37 orang wisudawan/I, Bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2021, di Hotel Horison Kotaraja.
Peringatan Hari Sumpah Pemuda tersebut menambah semangat para wisudawan/i selama mengikuti prosesi Upacara Sidang Senat Terbuka ISBI Tanah Papua dalam Rangka Wisuda II dan Dies Natalis VII sehingga upacara bisa berjalan dengan baik.
Rektor ISBI Tanah Papua Dr. I Dewa Ketut Wicaksana menyebutkan, dalam laporan Rektor bahwa Ke- 37 orang wisudawan/I terdiri dari 2 angkatan Yudisium yaitu angkatan yudisium 2020 dan angkatan yudisium 2021. Adapun wisudawan/I terdiri dari 9 orang prodi kriya seni, 13 orang prodi Desain Komunikasi Visual, 3 orang prodi Seni Rupa Murni, 7 orang seni musik dan 5 orang prodi seni tari.
Rektor Juga menyebutkan dengan di wisudanya ke 37 orang wisudaan/I, maka sejak tahun 2014 atau berdirinya ISBI Tanah Papua sampai dengan tahun 2021 ISBI Tanah Papua telah menghasilkan Lulusan sebanyak 56 orang.
Pada kesempatan itu juga Rektor ISBI Tanah Papua mengapresiasi prestasi-prestasi yang diraih oleh Mahasiswa/i dan Dosen dosen ISBI Tanah Papua hingga tahun 2021 ini. Diakhir laporannya Rektor ISBI tanah Papua juga mengucapkan kepada orangtua/wali yang telah menitipkan putra dan putrinya menuntut ilmu di ISBI Tanah Papua dengan penuh kesedarhanaan.
Prof. Dr. I Wayan Rai S. MA. Rektor pertama ISBI Tanah Papua juga menyampaikan orasi Ilmiah dengan Judul “Membangun Sinergi Civitas Akademika ISBI Tanah Papua Dalam Menyongsong Era Merdeka Belajar-Kampus Merdeka”.
Dalam Orasinya Prof. Dr. I Wayan Rai Menyebutkan Hal yang harus dilakukan oleh ISBI Tanah Papua dalam rangka menyongsong era Merdeka Belajar-Kampus Merdeka adalah Lakukan evaluasi internal serta kuatkan sinergi, koordinasi, integritas, dan sinkronisasi. Sosialisasikan MBKM untuk mendapatkan pemahaman yang mendasar sehingga tidak terjadi interpretasi yang berbeda-beda tentang MBKM.
Buat perencanaan yang matang tentang MBKM dengan mempertimbangkan hasil evaluasi internal dan eksternal. Kuatkan sinergi internal dan eksternal. Undang dan ajak berdiskusi serta berkolaborasi mitra kerja berprestasi (DUDI- Dunia Usaha dan Dunia Industri).
Sinergi dan kolaborasi ini dimulai dari membahas kurikulum MBKM dan rencana implementasinya. Komitmen kerjasama antara ISBI Tanah Papua dengan Mitra Berprestasi dilakukan melalui penanda tanganan MoU.
“Dari delapan jenis kegiatan yang ditawarkan MBKM, pilih beberapa jenis kegiatan yang mungkin dilaksanakan dengan perhitungan yang matang sesuai kondisi kampus dan mitra kerja. Kapan MBKM dimulai di ISBI Tanah Papua? Barangkali inilah “gong” yang ditunggu. Program MBKM sudah dapat dilaksanakan apabila ISBI Tanah Papua telah siap untuk mengawinkan Perguruan Tinggi dengan DUDI melalui kesepakatan yang telah ditanda tangani,”ucapnya.
Di akhir orasinya Prof. Rai mengucapkan Selamat atas pelaksanaan Dies Natalis VII dan Wisuda Sarjana II ISBI Tanah Papua. Semoga ISBI Tanah Papua terus bertambah maju, jaya, dan dapat “menundukkan dunia ini dengan kasih sayang dan keindahan”.
Pada kesempatan itu juga Pakalis Neteb, S.H. (Staf Ahli Gubernur Provinsi Papua bidang pengembangan masyarakat, adat dan budaya) mewakili Pak Gubernur untuk menyampaikan sambutan tertulis Gubernur Prov. Papua untuk Dies Natalis II dan Wisuda II ISBI Tanah Papua.
Sebelum sambutannya Kalis Neteb mengatakan di kalangan masyarakat jika membahas tentang adat dan budaya maka dianggap kuno dan tidak lagi zamannya. Ilmu seni dan budaya adalah ilmu yang unik, beda dengan ilmu ilmu yang lain, sebutnya. Karena ilmu seni dan budaya adalah ilmu yang berhubungan dengan pribadi dan batin kita.
Diakhir kegiatan ISBI Tanah Papua melakukan pemotongan Tumpeng, sebagai tanda kebahagiaan untuk merayakan Dies Natalis ke 7 tahun ini.(dil/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *