Gubernur Janjikan Bonus Atlet Peparnas Lebih Besar dari PON

Gubernur Papua, Lukas Enembe saat menyerahkan bendera kontingen Papua kepada Ketua Kontingen NPC Papua, Nikolaus Kondomo di halaman Stadion Lukas Enembe, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (29/10).(Erik/Cepos) 

JAYAPURA-Gubernur Papua, Lukas Enembe mengatakan bahwa atlet disabilitas NPC Papua yang meraih prestasi pada ajang Peparnas XVI akan mendapatkan bonus yang sama dengan atlet non disabilitas yang tampil di PON XX Papua tahun 2021.
Namun orang nomor satu di Bumi Cenderawasih itu menambahkan bahwa karena atlet NPC Papua merupakan atlet berkebutuhan khusus dan mampu mengharumkan nama Papua, sehingga Pemerintah Provinsi Papua akan memberikan bonus sedikit lebih baik dari non disabilitas.
“Kita akan beri bonus yang sama. Tapi karena ini atlet disabilitas dan seharusnya kita memberikan penghormatan lebih besar sehingga bonusnya sedikit beda. Karena orang disabilitas bisa berjuang untuk juara itu sangat luar biasa, jadi haris beda,” ungkap Gubernur Enembe saat melantik pengurus Kontingen NPC Papua sekaligus melepas kontingen NPC Papua di halaman Stadion Lukas Enembe, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (29/10).
Meskipun demikian Gubernur Enembe masih enggan merincikan nominal bonus yang akan diberikan nantinya. Ia hanya menyampaikan jika bonus yang diberikan berbeda sedikit dengan atlet non disabilitas.
Gubernur Enembe berharap atlet NPC Papua bisa menyumbangkan medali sebanyak-banyaknya untuk bisa mencapai target menjadi juara umum.
“Kontingen Papua harus bisa menyumbangkan medali sebanyak-banyaknya, harus bisa mencapai target. Jika kalian (atlet) bisa mencapai itu, kalian luar biasa dan harus juara, barang apa jadi,” pungkas Gubernur Enembe.
Sementara itu, Ketua Kontingen Peparnas Papua, Nikolaus Kondomo melayangkan apresiasi kepada Gubernur Papua yang sudah memberikan suntikan motivasi berupa bonus kepada atlet NPC Papua yang akan meraih prestasi dalam event olahraga nasional empat tahunan kaum disabilitas tersebut.
“Kami berterima kasih. Luar biasa hati gubernur memperhatikan atlet Peparnas, atlet disabilitas. Beliau sungguh-sungguh punya hati, kasih kepada mereka. Karena PON kemarin yang non disabilitas saja bisa ciptakan prestasi yang lebih baik. Mereka yang disabilitas sekarang, juara-juara nasional ada, juara Asia Tenggara ada. Jadi mereka sungguh luar biasa punya semangat,” ungkap Nikolaus.
“Apalagi tadi bapak gubernur sudah sampaikan mereka akan diberikan hadiah lebih dari yang kemarin. Itu sungguh luar biasa, membuat mereka semangat untuk sungguh-sungguh memberikan yang terbaik untuk Papua,” sambung Nikolaus.
Senada dengan itu, Ketua NPC Papua, H. Jaya Kusuma juga melayangkan apresiasi yang tinggi kepada Gubernur Papua yang terus mendukung pembinaan prestasi olahraga kaum disabilitas di tanah Papua.
“Kami menyiapkan 280 atlet dari 12 cabang olahraga, semoga kami bisa mencapai target. Karena Papua merupakan kontingen yang akan menurunkan atlet terbanyak dan dari sisi persiapan NPC Papua yang paling lama. Kami mohon dukungan masyarakat Papua,” tutup Jaya Kusuma.
Diketahui, untuk atlet non disabilitas atau atlet PON, Gubernur Enembe memberikan bonus untuk peraih medali emas perorangan senilai Rp 1 miliar, medali emas beregu Rp 650 juta, perak perorangan Rp 500 juta, perak beregu Rp 325 juta, perunggu perorangan Rp 250,5 juta, kemudian perunggu Rp 162,5. Selain atlet prestasi, Gubernur Enembe juga akan menyiapkan bonus bagi atlet non medali senilai Rp10 juta. (eri/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *