Pelatih Persipura Jayapura Jaksen F. Tiago di stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (29/9/2021). HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS

JAYAPURA-Persipura Jayapura akan melakoni laga berat dalam lanjutan kompetisi Liga 1 2021/2022 pekan ke-10 kontra Persib Bandung di Stadion Manahan Solo, Sabtu (30/10) pukul 20.15 WIT.
Partai ini akan terasa berat bagi Persipura. Mengingat Persib merupakan satu-satunya klub yang belum tersentuh kekalahan. Persib kini bertengger pada peringkat 2 dengan 19 poin dari hasil 5 kali menang, 4 imbang.
Berbeda dengan Persipura yang masih tersungkur di zona degradasi pada peringkat 17 dengan 5 poin dari hasil sekali menang, 2 kali imbang dan 6 kali menelan kekalahan.
Meski berbeda kasta saat ini, tapi pertandingan ini patut dinantikan. Mengingat Persipura berambisi memecah keperawanan Persib serta mengakhiri masa sulit mereka.
Namun Persib bukan lawan yang mudah dikalahkan oleh Persipura. Mengingat, dari 8 pertemuan kedua tim, Persipura tidak mampu mengalahkan Persib. Capaian terbaik Persipura hanya mampu menahan imbang pasukan Maung Bandung itu.
Tapi juru taktik Persipura, Jacksen F. Tiago menegaskan bahwa timnya saat ini siap untuk meraih tiga poin atas Persib. Termasuk memutus tren buruk timnya saat bersua dengan tim jawara 2014 tersebut.
“Kita tidak pernah fokus kepada hal seperti itu. Kita harus lakukan persiapan yang lebih baik supaya besok (Sabtu-red) bisa masuk sebuah sejarah baru kita. Saya rasa itu yang harus menjadi tantangan kita, bukan sejarah yang sudah lewat tapi sejarah yang kita mau ciptakan di pertandingan besok,” ungkap Jacksen Tiago dalam zoom meeting, Jumat (29/10).
Pelatih asal Brasil itu juga mengaku sudah memiliki kiat-kiat sebelum pertandingan. Termasuk melakukan evaluasi serta memetakan kelebihan dan kekurangan tim lawan.
“Kita punya cara bekerja setiap ada pertandingan kita meeting, kita menggambarkan lawan yang punya kelebihan di mana, kekurangan di mana itu adalah sesuatu yang menjadi rutinitas kita dalam keseharian,” ujar Jacksen.
“Misalnya pemain kunci, pemain yang bisa kita eksplorasi, dan itu menjadi bahan kita untuk membentuk perencanaan kita. Sehingga Persib sama dengan klub-klub lain, persiapannya sama tidak ada perbedaan sama sekali,” sambung Jacksen.
Bahkan Jacksen, menegaskan bahwa mereka tidak melakukan persiapan khusus untuk Persib. Iya hanya berharap, pemainnya bisa menjalankan strategi dengan baik.
“Persib besok sama dengan pertandingan sebelumnya. Staf pelatih dan anak-anak nonton pertandingan, memetakan kekuatan mereka secara detail, memberikan informasi sebanyak mungkin kepada pemain, supaya dalam pertandingan itu tugas mereka lebih mudah,” kata Jacksen.
“Seperti biasa, tidak ada kelebihan Persib dengan Barito yang kita hadapi kemarin, tetap sama. Cuma lebih detail, karena Persib kita punya informasi lebih banyak. Semoga kita bisa mengakhiri hasil buruk kita besok (hari ini-red)” tegas Jacksen.
Dalam pertandingan ini, Persipura belum bisa memainkan tiga pemain muda andalan, Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek dan Irsan Lestaluhu yang masih membela Garuda U-23 pada kualifikasi AFC. Selain itu, Israel Wamiau dan Ricardo juga tidak bisa tampil karena menjalani akumulasi. (eri/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *