Sejumlah Tempat Sampah Liar Ditutup

Tampak sejumlah truk sampah milik Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura. Truk sampah ini disiapkan untuk mengangkut sampah masyarakat. Foto ini diambil, Kamis (28/10). (Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Sejumlah tempat pembuangan sampah liar yang dilakukan oleh masyarakat di sejumlah titik di Kota Sentani dan sekitarnya akhirnya ditutup oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura.
“Kami sudah menutup tempat pembuangan sampah liar di sekitar kota,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura, Abdurrahman Basri kepada media ini di Sentani, Kamis (28/10), kemarin.
Dia mengatakan, setelah menutup tempat pembuangan sampah sementara yang ada di beberapa lokasi di kota Sentani, selanjutnya pihaknya akan membangun kerja sama dengan sejumlah kawasan pemukiman masyarakat agar mereka menyediakan tempat pembuangan sampah di sekitar kawasan pemukiman yang selanjutnya akan diangkut secara rutin oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura.
“Ini juga dalam rangka meningkatkan PAD di Kabupaten Jayapura sehingga kita tetapkan retribusi sampah bagi masyarakat,”ungkapnya.
Karena itu, dia juga berharap agar sejumlah tempat sampah liar yang sudah ditutup oleh pemerintah agar masyarakat tidak lagi memanfaatkannya dan mematuhi aturan yang diberlakukan oleh pemerintah. Hal ini penting selain untuk upaya peningkatan pendapatan asli daerah, juga yang paling penting untuk menjaga keindahan Kota Sentani. (roy/tho)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *