Tunjukkan Solidaritas, Kasih Sayang dan Berikan Kenyamanan bagi Atlet yang Bertanding

Kamino ( FOTO: Priyadi/Cepos)

Bincang-bincang dengan Kamino Kepala SLB Negeri 1 Jayapura terkait Pandangan Disabilitas di ajang Peparnas  XVI Papua 

Pelaksanaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas ) Ke-XVI Papua  tahun 2021 akan dilaksanakan pada tanggal 2 -15 November 2021 di Kota dan Kabupaten Jayapura. Apa yang perlu dilakukan dalam ikut mensukseskan even Peparnas  XVI? Berikut wawancara Cenderawasih Pos dengan Kepala SLBN 1 Jayapura yang juga panitia Peparnas  di Cabor Bulutangkis.

Laporan Priyadi

Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Ke-XX Papua  tahun 2021 yang berlangsung tanggal 2-15 Oktober 2021 telah berlangsung aman, lancar dan sukses. Dan usai pelaksanaan PON XX Papua  pada tanggal 2-15 November juga dilaksanakan Peparnas  XVI Papua  hanya berlangsung di 2 zona yakni Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura dengan 12 Cabor yang dipertandingkan.

Peparnas  adalah lomba olahraga yang dilakukan oleh orang disabilitas dan diikuti seluruh Provinsi di Indonesia. Bagaimana dengan tanggapan masyarakat melalui Peparnas  tersebut? Kepala SLBN 1 Jayapura yang juga salah satu panitia Peparnas  di Cabor Bulutangkis, Kamino menjelaskan bahwa Peparnas  adalah olahraga penyandang disabilitas.

  Untuk itu para disabilitas yang mengikuti lomba 12 cabang olahraga, di zona kota ada 6 Cabor dan di zona Kabupaten Jayapura ada 6 cabor dan penyandang disabilitas yang punya prestasi olahraga diikutkan dalam Peparnas .  Memang disabilitas ada yang tuna rungu wicara ada ya tunanetra tuna daksa dan tunagrahita 4 jenis ketunaan kekhususan itu yang bisa mengikuti lomba di ajang Peparnas

Oleh karena itu, masyarakat di Tanah Papua  khususnya di kabupaten dan kota Jayapura bisa menyambut mereka dengan senang hati, menyamakan mereka seperti atlet pada PON XX, mereka juga mempunyai hak diperlakukan sama dengan baik.

“Kami mengimbau masyarakat Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura bisa menerima Kontingen Peparnas  dengan ramah dan baik, kalau mereka diterima dengan ramah dan baik akan termotivasi juga bahwa masyarakat di kabupaten dan Kota Jayapura ternyata ramah-ramah dan mempunyai kepedulian terhadap penyandang disabilitas, mereka juga mempunyai hak yang sama untuk perlakuannya karena mereka juga berlomba di bidangnya masing-masing untuk 12 cabang olahraga,”ucapnya. Selasa (26/10) kemarin.

Oleh sebab itu, Kontingen Peparnas  yang menginap di hotel walaupun sedang keluar dari hotel masyarakat bisa menerima dengan baik dan ramah  bisa membaur saat ada di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.

Kamino berharap untuk fasilitas di hotel hotel untuk penyandang disabilitas bisa dilengkapi dengan baik dan para pekerja yang memberikan pelayanan juga bisa melayani dengan baik ada rasa Solidaritas, rasa kasih sayang, punya hak yang sama berikan pelayanan yang terbaik.

Diminta juga kepada masyarakat Kabupaten dan Kota Jayapura khususnya dalam pelaksanaan pertandingan di Venue di 12 cabang olahraga masyarakat juga bisa menontonnya penuh dengan suka cita, jangan hanya antusias diberikan hanya dalam menonton saat PON XX saja, karena atlet penyandang disabilitas atlet luar biasa juga berprestasi di tingkat Internasional tidak hanya nasional saja. Seperti Olimpiade di Tokyo yang lalu Ratri Oktrila atlet cabang olahraga bulutangkis mendapatkan 2 medali emas dan 1 perak.

Oleh karena itu, masyarakat juga diharapkan mendukung mereka walaupun mereka ada yang tak memiliki kaki tapi punya prestasi yang luar biasa, tidak punya  tangan tetapi punya prestasi di bidangnya termasuk mereka tidak bisa melihat punya prestasi bisa ikut lomba lari.

Apalagi Presiden RI Joko Widodo juga memberikan komitmen bahwa penyandang disabilitas hak sama untuk mendapatkan pelayanan perlindungan kasih sayang dan sama dengan atlet PON XX.

Dan pembukaan dan penutupan akan dilaksanakan di Stadion Mandala Jayapura, untuk venue olahraganya akan terbagi 12 tempat, untuk Kota Jayapura ada venue Bulutangkis di GOR Cendrawasih, venue catur di Hotel Sahid Jayapura, venue judo di Abepura, venue Boci di auditorium Uncen, sedangkan atletik, renang di Stadion Lukes Enembe.

Kata Kamino dengan hadirnya Kontingen Peparnas  di kabupaten dan Kota Jayapura masyarakat jangan merasa risih dan tidak mau menghargai tapi perlakukan sama dengan yang normal, berikan dukungan, motivasi dan ikut berpartisipasi dalam memeriahkan semarak Peparnas  XVI Papua .(*/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *