Peringati HUT Ke-76 Keuangan TNI AD, Bakti Kudam XVII/Cenderawasih Gelar Kegiatan Karya Bhakti

Kegiatan Karya Bhakti Kudam XVII Cenderawasih dalam Rangka HUT Ke-76 Keuangan TNI AD 2021. (foto: Priyadi/Cepos)

Terus Wujudkan Korps Keuangan TNI AD yang Profesional dan Adaptif dalam Pengelolaan Keuangan Negara Guna Mendukung Tugas Pokok TNI AD

JAYAPURA- Dalam rangka HUT ke-76 Keuangan Angkatan Darat, Kepala Keuangan Kodam (Kudam) XVII/Cenderawasih menyelenggarakan syukuran di Markas Kudam XVII/Cenderawasih pada Rabu (27/10) hari ini di Jalan Sukun II No. 1, Kota Jayapura.

Sebagaimana, Keuangan Angkatan Darat lahir sejak 27 Oktober 1945 hingga saat ini telah berkiprah melayani Angkatan Darat khususnya dalam bidang administrasi keuangan, yang saat ini telah genap berusia 76 tahun.

Memeriahkan momentum HUT Keuangan Angkatan Darat ke-76 tahun ini, berbagai kegiatan telah dilakukan, antara lain Donor Darah yang bekerjasama dengan PMI wilayah Jayapura, anjangsana dengan para Purnawirawan dan Warakawuri, anjangsana ke Yayasan Muhamadiyah dan Yayasan Pelangi,  ziarah rombongan di TMP (Taman Makam Pahlawan) waena, serta Karya Bhakti berupa pembersihan di perkampungan warga.

Kolonel Cku Jonny Izmir F.R.

Kakudam XVII/Cenderawasih, Kolonel Cku Jonny Izmir F.R. dalam keterangnya menyampaikan bahwa kegiatan Karya Bhakti ini sebagai wujud kepedulian TNI Angkatan Darat kepada rakyat karena kami TNI berasal dari rakyat, berjuang bersama rakyat dan akan kembali ke rakyat.

“Ini merupakan salah satu wujud penjabaran dari Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI, terutama pada poin ke 8 yaitu “Menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya. Melalui kesempatan yang baik ini saya mengajak kita semua, Di Tanah Papua , untuk membudayakan hidup bersih secara rutin di lingkungan masing-masing, sehingga tercipta lingkungan yang sehat, bersih, dan indah untuk diihat maupun dikunjungi dalam keseharian dan dipesan bagi personel/anggota yang bertugas di Papua  agar membangun “Papua  dengan Hati,” ungkap Kakudam XVII/Cenderawasih, Kolonel Cku Jonny Izmir F.R.  kepada Cenderawasih Pos, Selasa (26/10) kemarin.

  Ditambahkan, melalui Tema ” HUT KU AD Ke-76 tahun 2021 “Mewujudkan Korps Keuangan TNI AD yang Profesional dan Adaptif dalam Pengelolaan Keuangan Negara Guna Mendukung Tugas Pokok TNI AD”.

Diharapkan dalam masalah profesional ia lebih menekankan dalam Sumber Daya Manusia. Pasalnya, di sini yang Ia amati selama menjabat banyak sekali ketertinggalan, disinilah perlu perhatian khusus kepada Kudam Cenderawasih.

Selain itu, dengan kerjasama yang baik beberapa personel Kudam XVII/Cenderawasih memiliki prestasi yang luar biasa seperti salah satu personel Faradila telah melaksanakan tugas di luar negeri yakni di Lebanon dan kini sudah kembali, ada juga personel yang mengikuti PON XX  Papua  2021 ada Kowad Sertu Intan yang dalam lomba menembak beregu berhasil mendapatkan perak, ada juga  Serka kaleb atlet dari tarung drajat walaupun tidak mendapatkan medali tapi mendapatkan prestasi terbaik.

Dan dihadapkan dengan tantangan digitailisasi, globalisasi dan transparansi, Kolonel Cku Jonny Izmir F.R. akan lebih meningkatkan SDM  anggota Kudam XVII Cenderawasih dengan dunia yang terbuka disikapi  dengan baik tidak main- main, karena membangun Papua  terutama Kudam Cenderawasih tidak semudah membalik telapak tangan tapi harus mampu meningkatkan SDM mampu bersaing dengan orang luar.

Kemudian untuk pelayanan Kudam Cenderawasih masih berjalan dengan baik, contohnya  masalah gaji termasuk kesejahteraan moril dilayani dengan baik, baik di  Makodam XVII Cenderawasih, Korem 172, Korem 173 Biak, Korem 174 Merauke,  dan Korem Mimika dan pelayanan baik juga dilakukan dengan mitra perbankan ada BRI, BNI dan Bank Mandiri.

“Harapan besar kami untuk kedepan yang kami kerjakan bisa terus baik berdasarkan petunjuk Kasad, kami akan mengangkat harkat, derajat terutama di Papua  tidak dibayangkan oleh orang dahulu,”pesannya.

Diakui, dalam HUT ini Kudam XVII Cenderawasih telah mengirimkan sebuah kearifan lokal untuk tanah Papua  kepada Jakarta yang akan diekspos secara online seluruh Indonesia dari sabang sampai merauke  adalah tarian Yosim Pancar atau Yospan merupakan salah satu kesenian tradisional Papua dapat dimainkan oleh penari pria ataupun wanita.

“Kami persembahkan tari Yospan oleh anggota kami 17 orang jadi tarian ini berkat keuletan kerja keras kami dan bisa ditampilkan secara online di pusat. Mudah mudahan yang kami kerjakan di sini bisa menjadi motivasi kedepan,”jelasnya.(dil/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *