11 Siswa Madrasah di Papua Ikuti Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional

Siswa Madrasah Sedang Melaksankan CBT (Computer Based Test) KSM Tingkat Nasional Tahun Minggu (24/10) lalu. ( foto: Humas Kemenag)

JAYAPURA- Sebanyak 11 Siswa Madrasah se-Provinsi Papua ikuti “Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) Tingkat Nasional Tahun 2021”. KSMO digelar selama 2 hari mulai Minggu 24 Oktober hingga Senin 25 Oktober 2021 di MTs YPKP Sentani Kabupaten Jayapura Minggu (24/10) lalu.  Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kakanwil Kemenag Provinsi Papua Pdt. Amsal Yowei yang ditemui di tempat pelaksanakan menyampaikan bahwa sebelumnya, para siswa yang terlibat telah melewati beberapa tingkatan kompetisi mulai dari KSM Tingkat Satuan Pendidikan, KSM Tingkat Kabupaten/Kota dan KSM Tingkat Provinsi. Selanjutnya KSM Nasional diikuti oleh 1 orang siswa terbaik tiap provinsi per bidang studi yang akan dilaksanakan.

Bidang Studi yang dikompetisikan antara lain Bidang Studi Matematika Madrasah Ibtidaiyah, Bidang Studi Matematika Madrasah Tsanawiyah, Bidang Studi IPA Madrasah Tsanawiyah, Bidang Studi IPS Madrasah Tsanawiyah, Bidang Studi Matematika Madrasah Aliyah, Bidang Studi Biologi Madrasah Aliyah, Bidang Studi Fisika Madrasah Aliyah, Bidang Studi Kimia Madrasah Aliyah, Bidang Studi Ekonomi Madrasah Aliyah, dan Bidang Studi Geografi Madrasah Aliyah.

Turut hadir selama kompetisi bergulir Kabid Pendidikan Islam Kanwil Kemenag Provinsi Papua Najaruddin Toatubun, Kakankemenag Kota Jayapura Abdul H. Jusuf dan Kakankemenag Kabupaten Jayapura Steven A. Wonmaly.

Hari pertama para siswa melaksanakan Ujian CBT (Computer Based Test) secara serentak sedangkan di hari kedua para siswa melaksanakan eksplorasi/eksperimen dan tetap dibawah kendali Komite KSM Nasional. Secara Keseluruhan siswa yang mengikuti KSM tingkat nasional ini berjumlah 374 siswa dari 34 provinsi se-Indonesia. Pengumuman juara KSMO Tahun 2021 akan diumumkan  30 Oktober mendatang di situs resmi ksm.kemenag.go.id dan akun KSM masing-masing Satuan Pendidikan.

“Kami memberikan apresiasi dan dukungan yang besar, kepada anak didik yang telah berprestasi di tingkat Provinsi dan membawa nama Papua di tingkat Nasional. Kami berharap anak didik kami mendapatkan prestasi dan hasil yang terbaik,” harap Kakanwil Kemenag. (humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *