Desain Stadion Berbentuk Peci untuk Venue Piala Dunia 2022 Qatar

Atraksi kembang api sebelum final Emir Cup (22/10) menandai peresmian Al Thumama Stadium, Doha, sebagai venue Piala Dunia 2022 Qatar.(AFP)

JawaPos.com – Kickoff Piala Dunia 2022 tinggal 14 bulan lagi. Sebagai tuan rumah, Qatar sudah hampir merampungkan persiapan fisik. Yaitu, menuntaskan delapan stadion sebagai venue Piala Dunia edisi ke-22 tersebut.

Akhir pekan lalu waktu setempat (22/10), Al Thumama Stadium di Doha diresmikan dalam seremoni yang dihadiri Presiden FIFA Gianni Infantino.

Final Emir Cup yang dimenangi klub asuhan Xavi Hernandez, Al Sadd SC, menjadikan Al Thumama sebagai venue keenam yang melakukan inaugurasi.

Stadion berkapasitas 40 ribu penonton itu menyusul Khalifa International Stadium, Al Janoub Stadium, Al Bayt Stadium, Education City Stadium, dan Ahmed bin Ali Stadium.

Tinggal Ras Abu Aboud Stadium dan Lusail Iconic Stadium. Nama terakhir adalah venue final dan diresmikan Senin (25/10). Hanya, berbeda dengan tujuh stadion lainnya, Lusail mungkin baru bisa menggelar pertandingan tahun depan.

Sementara tujuh stadion lainnya diuji kesiapannya dalam Piala Arab pada 30 November sampai 18 Desember mendatang.

”Secara keseluruhan, kesiapan (stadion) kami mencapai 98 persen,” ungkap Yasir Al Jamal selaku kepala komite yang bertanggung jawab terhadap kesiapan infrastruktur Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 di laman resmi FIFA.

Menurut Al Jamal, seremoni Al Thumama Stadium telah menunjukkan bahwa desain venue-venue Piala Dunia 2022 memang berkelas.

Infantino yang datang dengan didampingi Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani tak henti-hentinya melontarkan pujian.

Al Thumama Stadium memiliki bentuk yang sekilas mirip peci. ’’Qatar terus memukau dunia sepak bola dan itu tidak akan berhenti sampai tirai Piala Dunia (2022) ditutup. Al Thumama Stadium adalah karya seni lainnya dan saya tidak sabar melihat turnamen antarnegara Arab pertama diselenggarakan di sini dalam beberapa pekan ke depan,’’ tutur Infantino.

Di Piala Dunia 2022, Al Thumama Stadium bakal menggelar salah satu laga di perempat final setelah sebelumnya juga kebagian laga di babak 16 besar.(JawaPos/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *