Pertina Papua akan Melakukan Rekrutmen Secara Terbuka

Ricky Ham Pagawak (Erik / Cepos)

JAYAPURA – Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Papua, Ricky Ham Pagawak menyadari bahwa Papua memiliki potensi besar di cabang olahraga Tinju.

Benny Maniani, Seppy Karubaba, Benny Manufandu, Zeth Morin dan mendiang Carol Renwarin merupakan beberapa petinju Papua yang pernah mengharumkan nama Papua dan Indonesia di ajang internasional.

Di PON XX 2021 Papua, Pertina Papua menyumbangkan 3 medali emas, 2 perak dan 6 perunggu. Namun prestasi tersebut belum begitu memuaskan Ketua Pertina Papua, RHP, begitu dia disapa.

Sehingga dalam meningkatkan prestasi Tinju di Bumi Papua, kata RHP, Pertina kedepan akan melakukan rekrutmen atau seleksi secara terbuka. Pria yang juga menjabat sebagai Bupati Mamberamo Tengah itu akan memberikan kesempatan kepada seluruh petinju di Papua untuk bergabung dalam Pertina Papua.

Sebab itu, dalam waktu dekat, Pertina Papua akan mengunjungi seluruh sasana Tinju yang ada di Papua, guna melihat dan memantau atlet potensial yang akan dibina oleh Pertina kedepannya.

“Kamu minta seluruh sasana di Papua, khususnya di Jayapura untuk menyiapkan petinju hebatnya. Kami akan melakukan kunjungan untuk melihat atlet potensial,” ungkap RHP kepada Cenderawasih Pos di Jayapura, Sabtu (23/10).

Orang nomor satu di Mamteng itu menyebutkan, bahwa para atlet tersebut juga akan dipersiapkan untuk menghadapi Piala Wakil Presiden yang akan digelar di Jayapura.

“Kita akan siapkan atlet hebat untuk Piala Wapres, kita tidak akan biarkan Piala Wapres keluar dari Papua. Kita harus menang di atas tanah sendiri,” ujar RHP.

“Dalam Mukernas Pertina, kami sudah putuskan bahwa Piala Wapres kita akan laksanakan di Jayapura dan itu sudah disetujui dan saya sudah laporkan ke Wapres dan beliau sangat setuju,” sambung RHP.

Tak hanya sampai disitu, RHP juga berencana akan memberikan usulan kepada Gubernur Papua (Lukas Enembe) agar kedepan, atlet potensial Papu bisa melakukan TC atau pembinaan di luar negeri.

“Kita akan coba usulkan, agar kelak ada petinju asal Papua yang akan mengharumkan nama Indonesia,” pungkas RHP. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *