Manchester City Hajar Brighton 4-1

Gelandang serang Manchester City Phil Foden (kanan) merayakan gol pertamanya ke gawang Brighton & Hove Albion dalam laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Amex, Brighton, Inggris, Liga Inggris (Reuters)

JawaPos.com–Phil Foden mencetak dua gol saat membantu Manchester City menghajar Brighton & Hove Albion 4-1 dalam laga pekan kesembilan Liga Inggris di Stadion Amex, Sabtu (23/10) waktu setempat (Minggu WIR).

Kedua gol Foden itu diapit gol-gol City lainnya yang dicetak Ilkay Gundogan dan Riyad Mahrez. Sementara tuan rumah hanya bisa membalas sekali melalui eksekusi penalti Alexis Mac Allister.

City sementara menanjak ke posisi kedua klasemen dengan koleksi 22 poin, menggusur Liverpool (18) yang baru main sehari berselang. Sedangkan Brighton, yang harus merelakan catatan nirkalah lima pertandingan terakhir mereka berakhir, tetap di tempat keempat dengan 15 poin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris seperti dilansir dari Antara.

Setelah kalah di pertemuan terakhir kontra Brighton, anak-anak asuh Pep Guardiola tampil agresif sejak awal laga. Mereka nyaris membuka keunggulan ketika sepakan Joao Cancelo bisa ditepis kiper Robert Sanchez pada menit ketujuh.

Lantas pada menit ke-11, Lewis Dunk melakukan aksi akrobatik demi menyapu bola sepakan Gabriel Jesus sebelum melewati garis gawang Brighton. Sayangnya dua menit kemudian, Sanchez melakukan blunder ketika gagal mengantisipasi sempurna tembakan Foden. Bola liar dikirimkan Bernardo Silva untuk disontek Gundogan demi membuka keunggulan City.

Brighton berusaha membalas. Tapi umpan silang berbahaya kiriman Pascal Gross gagal diselesaikan dengan baik oleh Leandro Trossard di muka gawang tim tamu. City yang terus memegang kendali permainan mampu menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-28 melalui sebuah serangan balik yang diakhiri umpan tarik matang kiriman Jack Grealish diselesaikan sempurna Foden.

Tiga menit berselang, nama Foden kembali tercatat di papan skor setelah dia berada di jalur tembakan Jesus dan membelokkan bola sehingga tak terhentikan Sanchez, mengubah kedudukan jadi 3-0 bagi City.

Brighton terus berusaha bangkit. Beberapa peluang mereka termasuk sepakan keras Solly March di pengujung babak pertama masih bisa dimentahkan kiper Ederson Moraes.

Tuan rumah menampilkan permainan yang jauh lebih baik di babak kedua. Sayangnya, gol balasan mereka baru lahir pada menit ke-81 melalui eksekusi penalti Mac Allister setelah Ederson dinyatakan melanggar Enock Mwepu.

Semenit jelang bubaran waktu normal, Foden hampir saja melengkapi raihan trigolnya setelah melakukan tusukan dari sisi kiri, sayang tembakannya bisa dihalau Sanchez.

Kemenangan City atas Brighton dilengkapi Mahrez menjadi 4-1 lewat golnya pada menit kelima injury time menyelesaikan umpan Foden.

Pada pertandingan selanjutnya, kedua tim sama-sama bermain pada Sabtu (30/10) pekan depan. Brighton bertandang ke Anfield menghadapi Liverpool dan City menjamu Crystal Palace di Etihad. Namun, lima hari sebelumnya baik Brighton maupun City bakal tampil di babak 16 besar Piala Liga Inggris. Brighton bertandang ke markas Leicester City, sedangkan City melawat ke kandang West Ham United.(JawaPos)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *