Gerakan Pramuka, Sarana Ciptakan Generasi Berkarakter dan Cinta NKRI 

Wakil Bupati Merauke yang juga Wakil Ketua Majelis Pembimbing Pramuka Kabupaten Merauke H. Riduwan, S.Sos, M.Pd saat melantik Pengurus Antar Waktu Kwarcab  Pramuka  2061 Merauke di Auditorium Kantor Bupati Merauke, Sabtu (23/10). Sebagai Ketua Antar Waktu Kwarcab 2061 Merauke adalah Muh. Ihksan. (Sulo/Cepos)

MERAUKE-Wakil Bupati Merauke yang juga Wakil Ketua Majelis Pembimbing Pramuka Kabupaten Merauke H. Riduwan, S.Sos, M.Pd mengungkapkan bahwa  gerakan Pramuka  adalah sarana untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang berkarakter memiliki karakter serta NKRI.

    “Lewat gerakan pramuka, anak-anak kita, yang menjadi generasi penerus  bangsa digembleng  untuk memiliki karakter dan kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata  Riduwan seusai melantik Pengurus Antar Waktu Kwartir Cabang Gerakan Pramuka 2061 Merauke, di Auditorium Kantor Bupati Merauke, Sabtu (23/10).

   Pada kesempatan tersebut, Ketua Kwarda Papua  Ny. Christina Tomy Mano juga melantik Pengurus Majelis Pembimbing Kabupaten Merauke. Dikatakan, melalui program-program pramuka Kabupaten Merauke yang akan dipadukan dengan berbagai institusi, kedinasan, organisasi sosial, organisasi, keagamaa, adat dan berbagai organisasi kepemudaan diharapkan dapat bersinergi dalam merealisasikan program-program yang akan dilaksanakan.

   “Mari kita susun program 3 tahun kedepan.  Kita susun program yang baik dan strategis,” terangnya.

    Wakil bupati Riduwan menambahkan bahwa dirinya juga komunikasi dengan sejumlah pembimbing untuk dapat mewujudkan  satu lokasi untuk bumi perkemahan yang menurutnya beberapa waktu sudah ada namun seiring dengan waktu tempat tersebut menjadi hutan kembali.

    Ketua  Kwarda Papua Ny Chrstina Tomy Mano mengaku selaku  ketua Kwarda Papua mengapresiasi  karena Kwarcab Merauke sudah terpilih namun meninggal beberapa waktu lalu  kemudian  dilakukan  musyawarah luar biasa sehingga tepilih pengurus antar  waktu.

   “Tadi sudah dilantik dan kami berharap, program-progam yang sudah dibuat  dalam musyawarah itu dapat dilaksanakan  tapi koordinasi  dengan pemerintah setempat tetap dilakukan. Karena pramuka ini belum bisa mandiri seutuhkan  dan masih perlu bimbingan dan koordinasi dengan pemerintah  setelah sehingga program-program dari gerakan Pramuka terutama pendidikan watak dan karakter   generasi muda,’’ terangnya.

   Ditambahkan, Pramuka merupakan tempat menciptakan  generasi  muda yang berkualitas sehingga kedepannya benar-benar generasi muda yang diharapkan, generasi yang berguna dan  gerenasi muda yang jujur. “Lebih dari itu, diharapkan mereka inilah yang akan menjaga keutuhan NKRI,” tambahnya.

    Ketua TP PKK Kabupaten Merauke Ny. Imelda Carolina Laode Mbaraka, S.Sos, M.Si  yang juga bagian dari Gerakan Pramuka  Kabupaten Merauke menyatakan siap  untuk mendukung dan mensuport program-program dari Gerakan Pramuka Kabupaten Merauke kedepan. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *