Sejumlah pemain Persipura tertunduk keluar lapagangan usai gagal mengalahkan Madura United saat laga lanjutan BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (3/10/2021). Laga tersebut berakhir imbang dengan skor akhir 2-2. FOTO: SALMAN TOYIBI/JAWA POS

JAYAPURA-Pekan ke-9 Liga 1 2021/2022 akan menyajikan duel klasik tim zona degradasi, Persipura Jayapura kontra Barito Putera di Stadion Madya Magelang, Senin (25/10) pukul 19.15 WIT.

Pertandingan ini diprediksi akan berjalan sengit, mengingat keduanya butuh poin sempurna untuk bisa beranjak dari zona degradasi.

Saat ini Persipura menempati posisi 16 dengan 5 poin, kemudian Barito Putera berada di peringkat 17 dengan poin 4. Kedua tim sama-sama baru merasakan sekali kemenangan. Sehingga pertemuan keduanya patut ditonton.

Selain itu, hasil dari pertandingan ini juga akan menentukan nasib kedua pelatih, Djajang Nurjaman dari Barito dan Jacksen F. Tiago dari Persipura. Dengan rentetan hasil buruk yang dialami oleh kedua tim tersebut membuat nasib keduanya kurang aman.

Persipura dalam pertandingan ini kemungkinan besar akan menurunkan skuat yang sama saat bersua dengan Persik Kediri. Mengingat, Persipura malam ini belum bisa diperkuat tiga pemain mudanya, Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek dan Irsan Lestaluhu. Ketiga wonderkids Persipura itu masih membela Timnas U-23 Indonesia.

Bukan hanya Persipura yang pincang. Barito juga tidak bisa menurunkan bek asingnya, Cassio Fransisco de Jesus yang masih diterpa cedera. Tentu ini sebuah pertandingan yang seimbang bagi kedua tim untuk memperebutkan tiga poin.

Melihat dari tiga pertemuan kedua tim, Persipura masih superior atas tim berjuluk Laskar Antasari tersebut. Persipura sukses menyapu bersih tiga pertemuan terakhir. Dari masa recovery, Persipura dan Barito sama-sama memiliki masa recovery yang sama 4 hari, sehingga duel tim zona degradasi ini akan berjalan sengit.

Juru taktik Persipura, Jacksen Tiago mengaku timnya sudah melupakan rentetan hasil buruk kemarin dan siap meraup tiga poin dari Laskar Antasari.

“Dalam masa 4 hari, kami lebih fokus pada aspek pemulihan dan itu menjadi tujuan utama kami dalam persiapan sehingga tidak ada kendala apapun dan semua berjalan lancar, dan kami siap untuk menghadapi pertandingan besok (Senin-red),” ungkap Jacksen dalam zoom meeting, Minggu (24/10).

Disinggung soal perubahan strategi, pelatih asal Brasil itu masih irit informasi. Tapi legenda hidup PSM dan Persebaya itu menyebutkan sudah menyiapkan skuat terbaik untuk bisa meraih hasil terbaik.

“Malam ini (Minggu-red) kami akan bahas soal tim kami dan lawan, dan kami sudah punya staf pelatih untuk menganalisa lawan. Malam ini ada kegiatan kami untuk menyatukan yang terbaik untuk bisa menghasilkan yang terbaik dalam pertandingan. Kami juga menunggu hasil medis kita untuk menentukan skuat terbaik kita. Semoga kami punya kemampuan dan bisa dapat hasil yang maksimal,” pungkas Jacksen.

Sementara itu, pemain lawas Persipura, Ricardo Salampessy mengaku siap mengakhiri hasil minor mereka dan siap menjadikan Barito Putera sebagai tumbal kebangkitan timnya.

“Dari pemain, semua fokus untuk yang terbaik, kami semua punya motivasi untuk mengakhiri hasil jelek dalam beberapa pertandingan kemarin. Kami pemain selalu berpikir positif dan ingin bangkit,” tegas Ricardo.

Sementara itu, pelatih kepala Barito Putera, Djajang Nurjaman juga mengaku siap meraih poin dari Persipura untuk mengangkat motivasi pemainnya dan mengakhiri masa sulit timnya.

Bahkan, pria yang akrab disapa Djanur itu mengaku siap meninggalkan jabatannya bila manajemen memintanya keluar jika gagal meraih kemenangan atas Persipura.

“Sangat siap, dan apapun yang diputuskan oleh manajemen saya sangat siap, tapi soal pertandingan besok kami akan berjuang. Memang awal kompetisi ini sangat buruk, tapi semua saya serahkan kepada manajemen,” kata Djanur.

Soal hasil buruk yang selalu dipetik oleh Barito saat bersua dengan Persipura, Djanur mengaku itu bukan ukuran dalam pertandingan ini. Ia menegaskan akan berusaha untuk mengandaskan tim berjuluk Mutiara Hitam tersebut.

“Persipura tetap kami anggap tim yang kuat dan kami ada di bawah mereka di klasemen saat ini, kemudian pertemuan terakhir mereka juga masih di atas kami, tapi kami tidak mau melihat kebelakang dan kami butuh kemenangan dan kami sangat mau sekali untuk mengalahkan Persipura,” pungkas Djanur. (eri/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *