8 SSB Ikuti Pra Liga Top Skor Indonesia

Proses screening pemain yang dilakukan di Abepura, Sabtu (23/10). (Erik / Cepos)

JAYAPURA – Liga sepakbola usia dini bertajuk Liga Top Skor Indonesia telah hadir di Papua. Rencananya liga resminya baru akan dimulai pada tahun 2022. Namun Papua akan memulai dengan pra liga U-13 yang akan digelar akhir bulan Oktober.

Ketua panitia penyelenggara, Guntur Lukas Tjo’e mengatakan, bahwa Liga Top Skor Indonesia nantinya akan menyelenggarakan pertandingan U-13, U-15 dan U-17.

“Kompetisi resminya baru akan dimulai tahun depan (2022), dan tahun ini kami mulai dengan pra liga khusus U-13 dulu,” ungkap Lukas Tjo’e kepada Cenderawasih Pos, Sabtu (23/10).

Kata Lukas sapaan akrabnya, untuk pra loga sendiri akan diikuti 8 klub yang ada di Kota dan Kabupaten Jayapura, seperti SSB Remaja Bhayangkara SPN, SSB Nafri, Bhayangkara Numbay FC, SSB Cenderawasih, SSB Sumber Makmur, SSB Putra Manuai, SSB Imanuel dan SSB Ayapo FC.

“Hari ini (sabtu-red) masih screening pemain, kami mengecek administrasi pemain, kesehatan pemain, termasuk tes urin untuk mendeteksi narkoba. Karena ini usia dini, dan kita mau ciptakan generasi emas sepakbola Papua dan harus benar-benar sehat secara jasmani,” ujar Lukas.

“Technical meeting akan dimulai pada 29 Oktober, pertandingan dimulai 30 Oktober sampai 29 November di lapangan sepakbola SSB Nafri. Pembukaan akan diawali pertandingan eksebisi All Star Persipura Vs All Star Bank Papua,” sambungnya.

Lanjut Lukas, Liga Top Skor Indonesia U-13, U-15 dan U-17 juga menyediakan babak nasional. Sehingga juara masing-masing provinsi akan bertarung di babak nasional.

“Jadi yang juara di zona Papua akan berangkat mewakili Papua ke babak nasional. Semoga kedepan banyak pemerhati sepakbola Papua yang bisa melihat semua ini dengan baik,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu pelatih SSB Imanuel Sentani, Agustinus Ferre sangat mengapresiasi hadirnya Liga Top Skor Indinesia ke bumi Papua.

“Saya sebagai pelatih di SSB Imanuel Sentani sangat antusias dan bangga dengan adanya liga top skor ini, sesuatu yang baru di Papua dan kami juga memberikan apresiasi kepada SSB Nafri sebagai penyelenggara. Ini sesuatu yang luar biasa sehingga anak-anak yang kita bina tidak hanya latihan tapi punya kompetisi berjenjang,” pungkas Ferre. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *