119 Orang Meninggal Akibat Covid-19

Edward Sihotang (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Jumlah warga yang meninggal dunia sejak merebaknya Covid-19 di Kabupaten Jayapura sudah mencapai 119 orang.

“Data sejak awal merebaknya kasus ini, jumlah warga atau pasien yang meninggal dunia sebanyak 119 orang,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Edward Sihotang, ketika dikonfirmasi media ini,  Sabtu (23/10).

Dia mengatakan, yang meninggal dunia akibat Covid-19 ini rata-rata mereka yang sudah lanjut usia dan memiliki riwayat penyakit penyerta,  terutama penyakit kronis.

Sementara itu, jumlah kasus sejak awal masa pandemi ini di Kabupaten Jayapura sampai saat ini sudah mencapai 3.096 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.972 orang sudah dinyatakan sembuh.

“Jumlahnya 96% dari total kasus secara kumulatif sudah dinyatakan sembuh,” ujarnya.

Dia mengatakan, selama masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Jayapura, khusus untuk mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala tetap mengandalkan isolasi secara mandiri di rumah masing-masing.  Metode penanganan isolasi mandiri ini dianggap paling berhasil dan sebagian besar pasien yang menjalani isolasi mandiri ini sudah dinyatakan sembuh atau selesai menjalani isolasi.

“Yang dinyatakan positif dan kemudian direkomendasikan untuk isolasi secara mandiri tetap dipantau oleh tim dokter kami, ” ujarnya.

Dia mengatakan, belakangan ini jumlah pasien yang terpapar Covid-19 terus mengalami penurunan.  Namun demikian, pihaknya berharap agar masyarakat tetap mematuhi penerapan protokol kesehatan terutama menjaga jarak rutin mencuci tangan dan selalu menggunakan masker dalam berbagai kegiatan. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *