Tolak Pembangunan Smelter di Gresik Kelompok Cipayung Datangi DPRP

Kelompok Cipayung Papua,  yang melakukan aksi demonstrasi menolak pembangunan Smelter di Gresik Jawa Timur. Mereka diterima anggota DPRP John NR Gobai  di Gedung DPRP Kamis (21/10) kemarin. (Yewen/Cepos)

JAYAPURA– Kelompok Cipayung yang terdiri dari PMKRI Cabang Jayapura, HMI Cabang Jayapura, PMII Cabang Kota Jayapura, GMKI Cabang Kota Jayapura, GMNI Cabang Kota Jayapura mendatangi Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPRP) Provinsi Papua di Jalan Samratulanggi, Kota Jayapura, Kamis (21/10).

Kelompok cipayung Papua ini menolak pembangunan Smelter PT. Freeport Indonesia Di Gresik Jawa Timur. Mereka meminta agar pembangunan Smelter PT. Freeport Indonesia harus dibangun di Papua, bukan dibangun di luar Papua.

Dari pantauan Cenderawasih Pos, peryataan sikap ini langsung diterima oleh perwakilan Anggota DPRP Papua di Gedung DPRP. Salah satunya adalah Anggota DPRP dari Kelompok Khusus, John NR. Gobai.

Ketua PMKRI Cabang Jayapura, Martinus Mabel mengungkapkan bahwa pihaknya mendatangi DPRP Papua untuk menolak pembangunan Smelter di Jawa Timur. Presiden untuk hentikan pembangunan Smelter di luar tanah Papua.

“Emas ini kan ada di Papua, sehingga kami dari Cipayung Papua menolak pembangunan  di Jawa Timur dan meminta agar Smelter di bangun di Papua oleh Presiden,” ungkapnya.

Martinus menyampaikan, jika aspirasi yang disampaikan ini telah diterima langsung oleh DPRP Papua. Oleh karena itu, pihaknya berharap agar dapat didorong kedepan, sehingga ada keseriusan dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Presiden untuk menunda pembangunan Smelter di Jawa Timur dan membangunnya di Papua.

“Kami harapkan aspirasi kami ini dapat ditindaklanjuti oleh DPRP Papua, sehingga pembangunan Smelter yang dibangun di Jawa Timur harus dihentikan dan harus bangun Smelter di Papua,” ucapnya.

“Apabila aspirasi kami ini tidak dapat ditindaklanjuti, maka kami akan mobiliasasi massa untuk melakukan aksi demonstrasi yang besar-besaran kedepannya,” tutupnya.

Ketau Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Mahfud juga dalam aspirasinya menyampaikan pihaknya menemukan dibangunnya Smelter di Jawa menunjukkan adanya ketidakadilan negara ditunjukkan kepada rakyat papua.

Sebagai Presiden Germas, Gerakan Kemasyarakatan PMKRI Cabang Jayapura, Korlap   Nicodemus Momo  dalam pembacaan peryataan sikap mengatakan  harus ada pembatalan smelter di Gersik.

“Kami organisasi Cipayung Jayapura minta kepada pemerimtah provinsi Papua dan pemerintah pusat agar segera batalkan pembangunan Smelter di Jawa Timur dan segera bangun di Papua, Jika tidak diindakan permintaan kami, maka kami akan melakukan aksi yang lebih besar,” paparnya.

Anggota DPR Papua Jhon NR Gobai yang menerima aspirasi mengatakan siap melanjutkan aspirasi mahasiswa dan pemuda untuk ditindak lanjuti pimpinan lembaga Itu.

” Kami menyampaikan terimakasih,  yang di sampaikan ini merupakan aspirasi yang  mewakili suara hati rakyat, sebagai wakil rakyat siap melanjutkan ke pimpinan sesuai mekanisme kelembagaan DPRP agar dapat diproses lanjut,” katanya.(bet/oel/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *