Ratusan Pengusaha Ikuti Penanaman Modal dan Investasi 

Para pelaku usaha ketika mengikuti sosialisasi investasi dan penanaman modal di Swissbell Hotel Cenderawasih Biak, Senin (18/10). (Fiktor/Cepos)

BIAK-Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Biak Numfor menggelar Sosialisasi tentang Investasi dan Penanaman Modal, Senin (18/10). Kegiatan yang berlangsung selama 7 hari ini diikuti  216 pelaku usaha, dengan materi ceramah secara tatap muka dan daring.

   “Peningkatan kapasitas para pelaku usaha sangat penting, terkait dengan kebijakan pemerintah baik pemerintah pusat maupun daerah, khususnya dalam memberikan kemudahan dalam berinvestasi atau pengembangan usaha. Untuk itu dilakukan sosialisasi tentang penanaman modal dan investasi,” ujar Plh. Sekda Kabupaten Biak Numfor Simon Rumaropen membacakan sambutan tertulis Bupati Herry Ario Naap, S.Pd.,M.Pd ketika membuka sosialisasi ivestasi dan penanaman modal di Swissbell Hotel Cenderawasih Biak, Senin (18/10).

   Dikatakan, bahwa investasi atau penanaman modal merupakan salah satu instrument dalam sistem perekonomian suatu bangsa yang sangat penting. Kehadiran investor di suatu daerah mempunyai manfaat yang cukup luas (multiplier effect).

   Manfaat yang dimaksud di sini adalah bahwa kehadiran investasi memberi kesempatan kerja bagi penduduk, mempunyai kekuatan penggandaan dalam ekonomi lokal, adanya alih teknologi maupun alih pengetahuan.

    “Dalam mendukung ekspor atau optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam atau potensi yang ada, maka kita di daerah juga harus  lebih inovatif dalam mempersiapkan kegiatan-kegiatan promosi investasi baik bagi investor internasional maupun bagi investor dalam negeri,” pungkasnya.

   Terkait dengan itu, lanjutnya, maka kegiatan sosialisasi ini memang sangat penting dilaksanakan, karena dengan hadirnya undang undang nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja ini memberikan peluang untuk  melakukan penanaman modal dan kemitraan usaha, tidak hanya berlaku untuk pengusaha lokal saja tetapi juga terbuka untuk siapa saja yang ingin melakukan penanaman modal dalam negeri dan kemitraan usaha.

   Dijelaskan, bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencipakan iklim investasi, termasuk kita di Kabupaten Biak Numfor, antara lain; peraturan-peraturan kebijakan yang tetap dan konsisten yang tidak terlalu cepat berubah dan dapat menjamin adanya kepastian hukum, karena ketiadaankepastian hukum akan menyulitkan perencanaan jangka panjang usaha para investor.

  Selain itu, masih prosedur perizinan yang tidak berbelit-belit yang dapat menyebabkan high cost economy, jaminan terhadap investasi mereka dan proteksi hukum mengenai hak atas kekayaan milik investor, sarana dan prasarana yang dapat menunjang terlaksananya investasi dengan baik, antara lain meliputi komunikasi, transportasi atau pengangkutan, perbankan dan perasuransian. (itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *