Pasar Ikan Bosnik Mulai Dioperasikan

Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd ketika meninjau langsung pengoperasioan Pasar Ikan Bosnik, Distrik Biak Timur, Selasa (20/10). (Fiktor/Cepos)

BIAK-Setelah tuntas dikerjakan Pasar Ikan Bosnik di Distrik Biak Timur mulai difungsikan. Bupati Biak Numfor, Herry A. Naap, SSi, MPd meninjau langsung pengoperasian Pasar Ikan Bosnik, Biak Timur, Selasa (19/10).

   Revitalisasi Pasar Ikan Bosnik yang didesain cukup megah itu, dibangun bersamaan dengan Pasar Ikan Fandoy dan akan diperuntukan bagi masyarakat yang jualan ikan di sekitar wilayah Biak Timur, Kepulauan Padaido dan Aimando.

   Revitalisasi terhadap Pasar Ikan Fandoy, Pasar Ikan Bosnik dan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Fandoy, untuk ketiga proyek ini menghabiskan anggaran kurang lebih  sebesar Rp. Rp. 27 miliar.

   Pembangunan Pasar Ikan Bosnik juga sebagai bagian dari penunjang SKPT Biak didesain semi modern dan anggarannya merupakan bantuan dari Japan International Cooperation Agency (JICA) lewat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

   Bupati dalam sambutan sebelum melakukan peninjauan menyampaikan, Pasar Ikan Fandoi dan Pasar Ikan Bosnik dibangun dengan bantuan dana dari Jepang bagi Kabupaten Biak Numfor. Setelah Pasar Bosnik diresmikan, maka masyarakat dapat menggunakan pasar ini.

   “Kepada tim yang akan dipercayakan untuk mengelola Pasar Ikan Bosnik, supaya pasar ini dapat menjadi berkat bagi masyarakat, maka gunakan pasar ini dengan baik,” ujar Bupati

   Dikatakan, Pasar Ikan Bosnik dikelola untuk dijadikan sebagai pasar tradisional dimana masyarakat yang berjualan dipasar ikan bosnik adalah masyarakat Orang  Asli Papua (OAP).       

Bupati Herry Naap juga mengingatkan agar tidak adanya pungutan liar di pasar selain pembayaran karcis, retribusi dan akan diatur oleh pengelola pasar untuk kebersihan dan keamanan dipasar. (itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *