Papua sebagai Provinsi Olahraga, Butuh Rancangan Serius

Menpora Zainudin Amali bersama anggota Komisi 1 DPR RI Dapil Papua, Yan P. Mandenas (Gratianus silas/cepos)

JAYAPURA– Menpora Zainudin Amali menjelaskan bahwa menjadikan Papua sebagai provinsi olahraga di Indonesia tak bisa sekadar dibicarakan dan menjadi wacana belaka. Sebaliknya, dalam upaya mewujudkannya, harus melalui perencanaan dan perancangan yang betul-betul serius.

“Kita akan bicarakan dengan gubernur, DPR Papua, dan teman-teman yang mewakili Papua. Kita akan bicarakan bersama keinginan masyarakat dan pemerintah Papua untuk menjadikan Papua sebagai provinsi olahraga,” jelas Menpora Zainudin Amali, Jumat (15/10) lalu.

“Namun, sudah tentu ini tak hanya dibicarakan saja, melainkan dirancang betul, didesain betul bagaimana menjadikan Papua sebagai provinsi olahraga,” sambungnya.

Sebelumnya, Gubernur Papua, Lukas Enembe, memilliki komitmen yang kuat agar Papua menjadi provinsi olahraga di Indonesia, terlebih dengan momentum Papua menjadi tuan rumah PON dan Peparnas 2021.

“Kita tetapkan Papua sebagai provinsi olahraga. Saya rasa itu bisa terwujud. Karena olahraga dan seni budaya itu merupakan harga diri dan martabat orang Papua. Kalau bicara olahraga dan kesenian, itu ada di orang Papua. Dengan demikian, PON ini menjadi cikal bakal provinsi olahraga dan provinsi kesenian di Indonesia,” terang Gubernur Papua, Lukas Enembe. (gr/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *