Jabar Juara, Kang Emil: Kami Akan Ceritakan Papua yang Indah

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menyaksikan penutupan PON XX Papua di Stadion Lukas Enembe Kabupaten Jayapura. Jumad (15/10/2021) (Foto : PB PON XX PAPUA/Soleha).

JAYAPURA  – Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, kembali datang ke Papua untuk menjemput kontingennya yang telah berhasil menjadi juara umum Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua.

Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil mengaku bersyukur atas capaian Kontingen Jabar yang berlaga di provinsi paling timur di Indonesia.

Menurut dia, selama berada di Papua dia mendapat banyak hal positif, mulai dari sambutan masyarakat setempat, kuliner hingga keindahan alamnya.

“Kami jadi saksi bahwa Papua aman-aman saja, Papua indah sekali, warganya ramah-ramah, kami akan jadi juru bicara sepulang dari sini,” ujar Kang Emil, di Jayapura.

Kualitas venue PON, sambung Kang Emil, dianggapnya sangat bagus dan harus dapat dirawat dengan baik.

Selain itu ia juga menegaskan bila Kontingen Jabar pada PON Papua, tidak hanya mengejar prestasi, tetapi juga ingin memperat hubungan dengan daerah setempat.

“Kami datang ini ingin sukses prestasi juga sukses diplomasi budaya, makanya Jabar bawa alat banbu dan kami punya banyak alumni Papua yang pernah sekolah di Jabar, kemudian banyak orang Jabar di Papua, jadi kami punya slogan Jawa Barat sahabat Papua,” kata dia.

Pertandingan PON XX 2021 Papua dimulai sejak 22 September 2021 dan telah berakhir pada 14 Oktober 2021.

Pada 2 Oktober 2021, PON Papua resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura.

Total 7.039 atlet telah saling berlomba untuk mengukir prestasi terbaik di empat klaster penyelenggaraan PON XX, yaitu di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke dan Mimika.

Pada PON kali ini, ada 37 Cabor dengan 56 disiplin yang diperlombakan. Jawa Barat dipastikan keluar sebagai juara umum dengan perolehan 133 emas, 105 perak dan 115 perunggu.

DKI Jakarta yang raihan emasnya sama dengan Jawa Timur, yaitu 110, berhasil finis di posisi kedua karena unggul pada perolehan perak, yaitu 91 sedangkan Jawa Timur 89.

Sementara tuan rumah Papua berada di peringkat keempat dengan torehan 93 emas, 66 perak dan 102 perunggu. Wakil Presiden, K.H. Ma’ruf Amin diagendakan menutup PON XX Papua di Stadion Lukas Enembe, pada Jumat (15/10) malam.

Selanjutnya pelaknsanaan PON XXI 2024 akan dilangsungkan di Aceh dan Sumatera Utara. (PBPON/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *