2022, Fokus Bangun Infrastruktur Pariwisata

Wisatawan saat berpose di Kampung Yoboi Sentani, Sabtu (16/10). (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Mulai tahun depan, Tahun 2022,  pemerintah Kampung Yoboi memfokuskan pengelolaan anggaran dana kampung atau dana desa untuk pengembangan infrastruktur pariwisata di kampung itu.  Pihak pemerintah kampung sudah membuat sketsa pengembangan infrastruktur pariwisata di Kampung Yoboi. Kemudian berdasarkan, sketsa itu, ada tahapan-tahapan yang dikerjakan yang dilakukan oleh pemerintah kampung.

“Tahun 2022, dana kampung akan dimaksimalkan untuk pengembangan sektor pariwisata Kampung Yoboi, ” kata Kepala Kampung Yoboi, Sefanya Wally, saat ditemui media ini di Kantor Bupati Jayapura, Jumat (15/10).

Dia mengatakan, pengembangan sektor pariwisata di Kampung Yoboi itu, pihaknya tidak akan mengharapkan siapapun termasuk pemerintah di atasnya.  Adapun bantuan dari pemerintah baik kabupaten, provinsi maupun pemerintah pusat sifatnya hanya stimulan.

“Kapan saja datang kami terima, tetapi  pada dasarnya pemerintah kampung Yoboi itu, fokus mengurus pengembangan sektor pariwisata dan itu akan kami bahas melalui Musrenbang di tingkat kampung,”tandasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pengembangan sektor pariwisata yang akan ditangani oleh pemerintah kampung itu lebih kepada pengembangan sektor fisiknya atau infrastruktur.

“Yang akan kami bangun itu kelanjutan dari jembatan tracking wisata, kami akan berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Kabupaten.  Hasil Musrenbang akan kami dorong melalui kampung, distrik dan kabupaten ,” ujarnya.

Karena itu kata dia Bupati Jayapura juga sudah menyampaikan arahannya bahwa kampung Yoboi itu harus tetap fokus untuk pengembangan sektor pariwisatanya. Hal itu sejalan dengan pemerintah Kampung dan juga semangat masyarakat setempat yang mana mereka mengandalkan sektor pariwisata ini kelak akan memberikan sumbangan untuk pengembangan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di kampung itu.

” Kami yakin bahwa hanya dengan sektor pariwisata itu yang bisa menjamin,  kelangsungan hidup masyarakat terutama dari sektor ekonominya,”tambahnya.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *