Program TMMD, Bangun Rumah Masyarakat Pedalaman Papua

Rumah Warga Kampung Okor yang sudah dibangun lewat TMMD ke-112 (Kodim 1707/Merauke for Cepos)

MERAUKE-Pembangunan infrastruktur, kesehatan dan kehidupan yang layak, sangat sulit didapat oleh masyarakat khususnya yang tinggal di wilayah pedalaman Papua, ditambah lagi dihadapkan dengan kondisi saat ini dalam pandemi Covid-19 yang melanda di seluruh wilayah Indonesia.

   Hal tersebut menyebabkan masyarakat Okor yang letak kampungnya berada di daerah terpencil Kabupaten Mappi  turut merasakan imbasnya. Namun di balik itu, saat ini muncullah harapan baru untuk kehidupan yang lebih baik setelah dimulainya program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-112 Kodim 1707/Merauke, akhir tahun 2021.

   Melalui program tersebut, terpancar senyum kebahagiaan dari warga Kampung Okor, Distrik Haju, Kabupaten Mappi yang menjadi lokasi dilaksanakannya Program TMMD Ke-112 yang bertemakan, TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri. Untuk mewujudkan hal tersebut, sejumlah agenda pun disiapkan untuk mensukseskan kegiatan tersebut, seperti kegiatan fisik dengan melakukan pembangunan 20 unit rumah masyarakat yaitu 14 unit rumah semi permanen dan 6 unit rumah panggung.

   Selain itu, juga melaksanakan kegiatan non fisik dan bhakti sosial dengan melibatkan masyarakat setempat yang dimulai dengan Pra TMMD pada pertengahan bulan Agustus 2021 dan TMMD selama 30 hari yang dibuka pada tanggal 15 September sampai dengan penutupan rencana di bulan Oktober.

   Bupati Mappi Kristosimus Yohanes Agawemu atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten  Mappi menyampaikan bahwa pihaknya   mengutamakan pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat di pelosok yang berbatasan  dengan Kabupaten lain serta belum tersentuh oleh pembangunan pemerintah, melalui kerjasama dengan TNI. Itu karena  pihaknya   percaya  TNI mampu mengatasi permasalahan dalam pembangunan. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *