Pemkab Siap Dukung Kampung Yoboi

Mathius Awoitauw (Robert Mboik Cepos)

*Menuju Penilain 10 Terbaik se-Indonesia*

SENTANI-Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si mengatakan,  Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Jayapura memastikan akan membantu dan mendukung pengembangan Kampung Yoboi menjadi desa wisata menuju 10 yang terbaik di I donesia.

“Kami pasti siap mendukung itu,” kata Bupati Mathius kepada wartawan di Sentani, Rabu (13/10).

Dia mengatakan, perhatian dari Pemkab Jayapura sebelumnya juga sudah dilakukan dalam bentuk bantuan dana untuk memperlancar proses persiapan  yang berkaitan dengan hal-hal untuk mendukung kampung itu masuk dalam 50 kampung wisata terbaik di Indonesia.

“Kami sudah berikan bantuan, namun baru sedikit, namun kami pemerintah daerah siap untuk mendukung itu, ” katanya.

Kendati demikian, dia sangat mengharapkan menuju 10 besar desa wisata terbaik Indonesia agar anak muda di kampung itu lebih berperan aktif dengan memanfaatkan semua potensi yang ada di kampung.

“Kami berharap anak-anak muda lebih banyak berperan. Mereka pasti bisa,” ungkapnya.

Bupati juga mengakui, sebelumnya pihaknya sudah menghadirkan toilet bio septic tank, namun MCK dengan metode itu belum tepat untuk ditempatkan di Kampung Yoboi.

Sebelumnya ketua kelompok sadar wisata Kampung Yoboi, Billy Tokoro meminta kepada Pemkab Jayapura dan Pemerintah Provinsi Papua agar memberikan dukungan dan perhatian serius kepada kampung itu, yang saat ini dalam proses penilaian menuju 10 kampung wisata terbaik di Indonesia. Setelah sebelumnya, kampung itu masuk dalam nominasi 50 terbaik di Indonesia, dan saat ini menuju 10 terbaik se Indonesia. Tentunya ini butuh beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh kampung itu. Mulai dari gasebo, honai dan toilet yang lebih representatif. Kebutuhan ini masih membutuhkan sentuhan atau perhatian dari pemerintah. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *