Lampaui Terget Medali dan Peringkat, Ketua Kontingen Papua: Ini Kerja Keras Banyak Pihak

Ketua Kontingen PON Papua, Irjen Mathius D Fakhiri/Humas Polda Papua (PBPON For Cepos)

JAYAPURA – Kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua, sejauh ini berada di peringkat keempat klasemen sementara perolehan medali PON XX 2021, dengan perolehan medali 87 emas, 60 perak dan 99 perunggu. Pencapaian Papua dalam PON kali ini telah melewati target yang ditetapkan Gubernur Papua, Lukas Enembe, baik dari sisi medali maupun peringkat.

Target yang ditetapkan Papua sebagai tuan rumah PON XX adalah finish di peringkat lima besar dan memperoleh 86 emas.

Melihat perkembangan tersebut, Ketua Kontingen PON Papua, Irjen Mathius D Fakhiri merasa bersyukur atas capaian para atlet yang telah bekerja keras selama dua tahun terakhir untuk mempersiapkan diri menghadapi event empat tahunan tersebut.

Namun ia menegaskan bila capaian tersebut bukan karena dirinya dipercaya menjadi ketua kontingen, melainkan kerja keras dari banyak pihak.

“Kita harus mensyukuri atas kerja keras semua official, pelatih, dan atlet, yang dari dua tahun ini mereka menyiapkan. atletnya untuk bisa meraih prestasi yang terbaik sesuai target,”ujar Fakhiri di Jayapura, Kamis (14/10).

Selain itu, ia juga memandang peran KONI Papua bersama para Pengurus Provinsi (Pemgprov) dari tiap cabang olahraga (Cabor) perlu diapresiasi. “Termasuk juga teman-teman yang ada di Pemgprov, kita juga harus berterimakasih karena terlibat aktif menyiapkan atlet di tiap cabor,”kata Fakhiri.

Fakhiri yang juga menjabat Kapolda Papua, mengaku hanya berusaha memenuhi kebutuhan para atlet menjelang PON XX.m Ia pun menginginkan apa yabg telah dicapai pada PON XX, bisa dipertahankan pada PON XXI 2024 Aceh-Sumatera Utara.

Karenanya, dengan sisa waktu tiga tahun, ia pun berniat meminta Gubernur Papua, Lukas Enembe, untuk melalukan evaluasi terhadap proses pembinaan atlet.

“Mulai sekarang kita harus mempersiapkan diri dengan mengevaluasi kinerja yang telah dihasilkan masing-masing Cabor, kalau ada atlet masih bagus maka kita tetap pertahankan untuk ke PON XXI,”ujarnya.(PBPON/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *