Komitmen Dukung Pembangunan Telekomunikasi di Papua

Moh. Taofiq Tauf (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Guna mendukung PONXX Papua, Pemerintah pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), menggunakan jaringan 5G.

“Untuk mendukung PON ini, kami melakukan percobaan jaringan 5G, dan itu sangat mendukung dalam rangka mempercepat penyebarluasan informasi melalui berita mulai dari persiapan pelaksanaan hingga pasca PON nanti,” kata Moh. Taofiq Tauf, Koordinator Media Center Kominfo Klaster Kabupaten Jayapura kepada wartawan di Sentani, Rabu (13/10).

Dikatakan, selain mendukung penyelenggaraan PON Papua melalui ketersediaan kualitas jaringan internet yang baik, pihaknya juga telah berkomitmen untuk menyediakan kualitas jaringan telekominikasi melalui pembangunan telekomunikasi dan Informatika di Papua.

“Kami  berkomitmen untuk terus mendukung pembangunan telekomunikasi dan Informatika di Papua,” ujarnya.

Lanjut dia, infrastruktur telekomunikasi khususnya yang yang ada di Papua ini, pihaknya telah melakukan  pembangunan layanan BTS, 4 G yang sudah mulai berjalan sejak Tahun 2015 yang lalu.

Dia mengatakan, pihaknya membangun sebanyak 7000an BTS di seluruh Indonesia. Khusus di Papua dan Papua Barat, menjadi yang terbanyak sekitar 65 persen atau lebih dari 4000 BTS. Pihaknya juga mengklaim, jumlah itu yang terbanyak dari daerah lainnya di Indonesia.

“Total keseluruhan itu sekitar 7904 BTS 4G, yang terbanyak  65% yaitu berada di Papua dan Papua Barat,”tambahnya. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *